Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Perbandingan Spesifikasi Rudal Toofan: Senjata Pamungkas Hamas Vs Israel

Rudal Toofan menjadi senjata yang digunakan oleh Hamas sebagai ancaman kepada Israel jika serangan ke Gaza tidak dihentikan. Senjata tersebut dikembangkan oleh Iran dan berasal dari Amerika Serikat. Rudal Toofan, atau Tufan, dikembangkan dengan meniru rudal BGM-71 TOW yang dibuat oleh Amerika Serikat.

“Iran telah lama menunjukkan kemampuannya untuk meniru persenjataan AS. Mereka meniru rudal anti-tank TOW, menciptakan replika yang hampir sempurna dan menamainya Toofan,” kata Jonathan Lord dari Center for a New American Security, seperti dikutip oleh CNN International.

Rudal TOW dibeli Iran dari Amerika Serikat pada 1970-an. Namun, AS berhenti menyediakan senjata dan teknologi persenjataan untuk Iran setelah Revolusi Iran terjadi pada 1979.

Rudal Toofan dapat diluncurkan dari darat atau dari pesawat. Toofan menggunakan sistem pemandu SACLOS, di mana pengguna harus menjaga kamera menyoroti target hingga rudal menghantamnya. Rudal ini dilengkapi dengan lampu xenon yang dideteksi oleh lensa termal untuk menentukan posisi rudal, sementara kamera utama menentukan posisi target. Informasi dari kedua kamera ini kemudian diolah oleh pusat pengendali yang disebut Digital Missile Guidance Set (DMGS). DMGS akan memilih rute misil dan mengoreksi lintasan.

Rudal Toofan telah mengalami pengembangan hingga memiliki beberapa versi. Versi pertama, Toofan-1, memiliki jangkauan 3.850 meter dan kekuatan penetrasi 550 mm. Selanjutnya, ada Toofan-3 yang dirancang untuk menghancurkan kendaraan lapis baja dari atas. Setelah diluncurkan pada ketinggian 2-3 meter, Toofan-3 akan melakukan dua hal setelah berada di atas tank sasaran: meluncur ke bawah atau meledak di atas target.

Dalam versi Toofan-4, Iran menerapkan teknologi termobarik atau bom vakum. Ledakan amunisi termobarik menyebarkan cairan, gas, atau serbuk peledak. Sistem ini membuat seluruh material ledak dalam rudal sebagai bahan bakar, sehingga rudal dapat menghasilkan energi yang lebih besar.

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20231021192009-4-334567/irianori-iran-ternyata-gandakan-rudal-tow-buat-as

Exit mobile version