Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Startup Gibran Dua yang Mendapatkan Investasi Ratusan Miliaran

Jakarta, CNBC Indonesia – Sebelum fokus di dunia politik dan menjadi Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka sebelumnya memiliki dua startup di bidang kuliner. Dua perusahaan yang didirikan Gibran bersama Kaesang Pangarep bahkan berhasil mengumpulkan miliaran rupiah.

Indonesia sedang heboh membicarakan Gibran, yang baru diumumkan sebagai calon wakil presiden pasangan calon presiden Prabowo.

Sebelum mengikuti jejak ayahnya, Presiden Jokowi, ke dunia politik praktis, Gibran dikenal sebagai pengusaha.

Gibran dan Kaesang mendirikan dua perusahaan di bidang kuliner bersama Chef Arnold, yaitu Mangkokku dan Goola.

Startup kuliner multi-brand Mangkokku baru-baru ini mengumumkan pendanaan pada pertengahan tahun lalu. Ronde pendanaan Seri A senilai US$ 7 juta atau sekitar Rp101 miliar ke Mangkokku dipimpin oleh Alpha JWC Ventures dan EMTEK, dengan partisipasi dari Cakra Ventures.

Mangkokku sebelumnya juga menerima pendanaan awal pada tahun 2020 dari Alpha JWC Ventures. Sejak itu, perusahaan mengklaim telah tumbuh 6 kali lipat dalam hal penjualan dan meningkatkan jumlah toko.

Perusahaan ini mengelola 50 gerai di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Malang, dan Solo. Dalam beberapa bulan ke depan, Mangkokku juga akan membuka lebih banyak restoran flagship-nya, sambil memperluas dapur awan atau cloud kitchen ke area dan kota baru.

Meskipun perusahaan berfokus untuk memperluas kehadiran offline tahun ini, penjualan online masih merupakan mayoritas bagi Mangkokku.

Untuk meningkatkan pengalaman pembelian dan keterlibatan pelanggan, Mangkokku akan meluncurkan aplikasi selulernya sendiri pada kuartal ke-3 2022.

Aplikasi ini akan menampilkan layanan pemesanan dan pengambilan sendiri, juga program loyalitas dan banyak promo khusus. Selain itu, Mangkokku juga menargetkan untuk mencapai outlet ke-100 tahun ini dan membuka 100 outlet lagi tahun depan.

Goola, startup lain yang didirikan oleh Gibran dan Kaesang bersama Kevin Susanto dan Benz Budiman juga mendapatkan suntikan modal dari perusahaan modal ventura. Sekali lagi, Alpha JWC Ventures menyuntikkan modal sebesar US$ 5 juta atau sekitar Rp 71 miliar.

Alpha JWC Ventures sebelumnya juga sudah melakukan investasi pada bisnis minuman karya anak bangsa, yaitu Kopi Kenangan sebesar US$ 8 juta.

“Jadi waktu itu ternyata banyak orang yang tertarik, semua langsung sadar. Oh minuman Indonesia ternyata juga bagus. Kemudian ada seseorang yang mengenalkan, ‘eh ini Goola lagi memperbesar bisnisnya, Alpha JWC, apakah kalian tertarik?’,” jelas Kevin. “Kemudian akhirnya diadakan pertemuan. Jadi sekitar satu setengah minggu setelah pertemuan, semuanya langsung deal, semuanya disetujui.”

Startup yang menjual minuman khas Indonesia dalam kemasan minuman cepat saji ini didirikan pada tahun 2018. Dalam waktu singkat sejak berdiri, Goola sudah memiliki 5 toko di Jakarta. Namun, ambisi Goola tampak terhambat oleh pandemi.

[Gambas:Video CNBC]

(dem/dem)