Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Luar Biasa! Chip iPhone 15 Pro Melawan Snapdragon 8 Gen 3

Chip A17 Pro Bionic yang digunakan dalam iPhone 15 Pro dan Pro Max diklaim sebagai chip dengan performa terbaik saat ini. Namun, ada penantang baru yang akan segera hadir, yaitu Snapdragon 8 Gen 3 dari Qualcomm. Chip ini akan digunakan dalam smartphone Android premium yang akan dirilis pada akhir tahun 2023 hingga 2024.

Salah satu smartphone yang diprediksi akan menggunakan Snapdragon 8 Gen 3 adalah Samsung Galaxy S24 Ultra yang akan diluncurkan pada awal tahun depan. Selama ini, flagship Galaxy ini selalu dibandingkan dengan iPhone Pro Max.

Lalu, manakah chip yang memiliki performa lebih unggul antara A17 Pro Bionic dan Snapdragon 8 Gen 3? Menurut hasil pengujian di situs benchmark Geekbench, Snapdragon 8 Gen 3 mendapatkan skor yang lebih tinggi dibandingkan A17 Pro Bionic pada tes multi-core. Namun, A17 Pro Bionic unggul pada tes single-core.

Pengujian Snapdragon 8 Gen 3 dilakukan pada smartphone Xiaomi 14, sementara pengujian A17 Pro Bionic menggunakan iPhone 15 Pro Max. Snapdragon 8 Gen 3 memiliki 1 inti CPU dengan kecepatan 3.30GHz, 3 inti CPU performa berkecepatan 3.15GHz, 2 inti CPU performa berkecepatan 2.96GHz, dan 2 inti CPU efisiensi berkecepatan 2.27GHz. Sementara itu, A17 Pro Bionic memiliki 6 inti CPU performa dengan kecepatan 3.78GHz dan 2 inti CPU efisiensi dengan kecepatan 2.11GHz.

Secara teori, seharusnya A17 Pro Bionic yang dibangun oleh TSMC dengan manufaktur 3nm bisa mengungguli Snapdragon 8 Gen 3 yang menggunakan manufaktur 4nm. Namun, terdapat faktor lain yang mempengaruhi skor Geekbench, seperti tahanan perangkat terhadap suhu panas.

Hasil skor pada benchmark tidak dapat menjadi patokan utama dalam menentukan kualitas ponsel. Namun, setidaknya dapat memberikan gambaran dan pertimbangan bagi konsumen dalam membeli ponsel sesuai dengan kebutuhan mereka.