Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Modus Penipuan Kuras Rekening di Booking.com, Ketahui Strateginya yang Menggemparkan

Sejumlah pengguna Booking.com melaporkan adanya modus penipuan yang menguras rekening. Peringatan ini muncul setelah sistem email situs web hotel populer tersebut dilaporkan mengalami serangan peretasan.

Observer melaporkan bahwa sejumlah pelanggan menerima penipuan melalui sistem Booking.com. Email tersebut ditujukan kepada pengguna yang telah atau dijadwalkan untuk check-in di hotel yang telah mereka pesan.

Selanjutnya, peretas akan mengirimkan email dari [email protected] yang berisi pembatalan menginap bagi pelanggan. Namun, pembatalan tersebut bisa ditunda jika pelanggan memberikan rincian kartu bank melalui tautan yang terdapat dalam email.

Tak hanya itu, pelanggan juga diberikan batas waktu 4 hingga 12 jam. Jika tidak berhasil, maka reservasi akan dibatalkan.

Pemberitahuan email tersebut juga dilaporkan muncul di aplikasi mobile Booking.com, seperti yang dikutip dari The Guardian pada Rabu (25/10/2023).

Salah satu pelanggan yang mendapatkan email adalah Julia Berridge dan Kate Wright. Berridge mengaku menutup kartu banknya setelah mengikuti instruksi dalam email tersebut. Meski tidak kehilangan uangnya, ia harus segera menutup kartunya karena telah memasukkan seluruh informasi kartu tersebut.

Sementara itu, Wright melakukan pembayaran setelah menerima email tersebut. Setelah menyadari ditagih dua kali, dia melaporkannya kepada Booking.com yang menyatakan bahwa kejadian tersebut tidak mungkin terjadi.

Booking.com membantah bahwa sistem mereka diretas dan menyalahkan pesan tersebut pada sistem email mitra hotel yang telah diretas. Namun, hotel-hotel tersebut juga membantah dan menyatakan bahwa hal itu tidak mungkin terjadi pada mereka.

Insiden ini terjadi setelah adanya masalah teknis pada bulan sebelumnya. Saat itu, sejumlah operator hotel dan mitra di seluruh dunia kehilangan puluhan juta rupiah selama berbulan-bulan.

Artikel Selanjutnya: Foto WhatsApp Bisa Dibajak Penipu, Segera Lakukan Ini.

Sumber: CNBC Indonesia.

Exit mobile version