Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Kabar Baik untuk Pertumbuhan Ekonomi Global: Google dan Instagram Meraup Keuntungan yang Melimpah

Pendapatan iklan Google, Meta, dan Snap sedang pulih. Teknologi kecerdasan buatan membuat iklan digital menjadi menarik kembali bagi para brand.

Pendapatan Google, Meta, dan Snap dari iklan digital melebihi perkiraan investor.

“AI membantu pengiklan menjangkau sebanyak mungkin orang dan target yang paling ideal, dengan harga terendah,” kata Phiipp Schindler, Chief Business Office di Alphabet, perusahaan induk Google, seperti dikutip dari Reuters.

Perusahaan teknologi besar sedang berlomba mengembangkan fitur baru yang memanfaatkan AI. Salah satunya adalah Performance Max, yang menggunakan AI untuk membantu mengatur penggunaan anggaran dalam jejaring iklan Google.

Schindler mengatakan bahwa belanja iklan dari segmen retail sangat kuat sepanjang Juli-September. Keandalan teknologi AI membantu brand untuk mempromosikan diskon kepada orang yang tepat, saat konsumen fokus pada harga dan kemudahan.

“Pihak perusahaan sudah mulai membantu peritel bersiap menghadapi periode libur panjang.”

Pendapatan iklan Alphabet naik 9,5 persen sepanjang Juli-September dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Bahkan, YouTube mencatat lonjakan pendapatan sebesar 12 persen.

Meta menyatakan iklan di platform mereka, Instagram dan Facebook, dilihat lebih banyak sebanyak 31 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg tersebut memiliki rencana besar dalam mengembangkan AI.

Facebook dan Instagram dalam beberapa tahun terakhir telah menggunakan AI untuk mendukung fitur pengukuran kinerja dan teknologi pemasaran. Teknologi AI Meta sangat sukses, hingga Apple mengubah kebijakan privasi agar iklan yang ditargetkan di Facebook dan Instagram tidak lagi efektif.

Kini, Meta sedang membangun perangkat AI generatif untuk menciptakan berbagai variasi iklan digital.

“Perangkat Facebook-Instagram untuk membuat kampanye pasar dapat digunakan dengan lebih cepat dan lebih mudah,” kata seorang analis yang dikutip oleh Reuters.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Google Bisa Pecah, Eropa Paksa Bisnis Iklan Digital Dijual

(dem/dem)