Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Keamanan Rekening Terancam dengan Penggunaan Password Tertentu

Jakarta, CNBC Indonesia – Saat memilih kata sandi, sebaiknya hindari menggunakan kombinasi angka atau huruf berikut ini karena tidak aman bagi akun Anda.

Seperti yang diketahui kata sandi menjadi hal yang penting untuk mengamankan aset digital di era teknologi seperti sekarang. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menjaga kerahasiaan kata sandi.

Sayangnya, masyarakat sering kali membuat kata sandi yang terlalu mudah ditebak. Menurut survei layanan pengelola kata sandi NordPass, 83% dari 20 kata sandi yang paling banyak digunakan dapat dibobol dalam waktu kurang dari 1 detik.

Survei ini dilakukan di 30 negara dan bekerja sama dengan lembaga riset independen yang khusus meneliti tentang keamanan siber. Terdapat lebih dari 3TB data yang dievaluasi.

Hasilnya, NordPass menemukan 10 kata sandi yang paling banyak digunakan. Di peringkat pertama adalah ‘guest’. Kata sandi ini digunakan oleh lebih dari 127.000 orang di AS, dikutip dari BGR, Minggu (29/10/2023).

10 Kata Sandi Paling Banyak Digunakan:
1. guest
2. 123456
3. password
4. 12345
5. a1b2c3
6. 123456789
7. Password1
8. 1234
9. abc123
10. 12345678

Selain itu, NordPass juga mengatakan banyak orang menggunakan kata sandi dengan nama merek fesyen, film, seniman, cabang olahraga, dan sebagainya. Oleh karena itu, sebaiknya hindari juga kata sandi seperti ‘tiffany’, ‘leon’, ‘u2’, dan sejenisnya.

Tips Membuat Kata Sandi yang Sulit Dibobol:
1. Buat kata sandi yang panjang dan kompleks.
2. Biasakan membuat kata sandi setidaknya dengan 12 karakter yang menggabungkan huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol.
3. Jangan gunakan satu kata sandi untuk banyak akun. Biasakan menggunakan satu kata sandi khusus untuk setiap akun Anda. Hal ini akan menyulitkan hacker ketika mencoba membobol semua informasi Anda.
4. Periksa secara teratur akun Anda. Jangan biarkan ada akun yang jarang Anda akses namun masih aktif. Akun seperti ini akan membuat Anda tidak sadar jika sudah dibobol.
5. Perbarui kata sandi Anda secara berkala. Rutin mengganti kata sandi Anda dalam waktu tertentu dan jangan mengulang dengan kata sandi yang sudah pernah digunakan.

[Baca: Tips Anti-Hacker: Cara Membuat Password Sakti Susah Di-hack]