Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Alien Seharusnya Telah Mengetahui Kehadiran Manusia di Bumi

Makhluk cerdas di luar angkasa, yang disebut alien, kemungkinan besar sudah tahu bahwa ada kehidupan di Bumi. Pasalnya, aktivitas manusia, sengaja ataupun tidak sudah banyak menyisakan tanda peradaban cerdas.

Hingga saat ini, menurut BBC, manusia sudah menemukan lebih dari 5.500 planet di galaksi yang sama dengan Bumi. Astronom memperkirakan masih ada triliunan planet di luar galaksi Bima Sakti.

Namun hingga saat ini, peneliti di Bumi masih belum menemukan bukti kehidupan cerdas di planet lain di antariksa.

Cara astronom mencari alien beragam, mulai dari pemantauan sinyal kimia di atmosfer hingga memindai sinyal teknologi seperti gelombang radio.

Jika alien di planet lain menggunakan metode yang sama dengan manusia di Bumi, seharusnya mereka sudah lama tahu bahwa ada kehidupan cerdas di Bumi.

Tanda-tanda kehidupan di Bumi sudah tersiar lama ke seluruh penjuru galaksi. Bahkan, sinyal tersiar lebih intens dan luas pada 1900-an hingga era Perang Dunia II.

“[Mereka dari zaman Perang Dunia] membutuhkan sinyal yang lebih kuat karena radio yang digunakan oleh masyarakat saat itu tidak memiliki antena radio yang sensitif,” kata Howard Isaacson dari UC Berkeley dikutip dari Futurism, pada Selasa (31/10/2023).

Hingga saat ini pun, gelombang radio masih memancar dari dan ke seluruh penjuru Bumi dalam bentuk sinyal seluler hingga televisi, meskipun lebih sulit terdeteksi. “Stasiun radio tentunya tidak bertujuan mengirim sinyal ke luar angkasa, tetapi ke permukaan Bumi,” kata Thomas Beatty dari University of Wisconsin.

Manusia juga telah menerbangkan sejumlah wahana ke segala penjuru Tata Surya, bahkan lebih jauh ke wilayah lain di antariksa. Setiap wahana luar angkasa tersebut dilengkapi oleh transmisi gelombang sendiri.

Menurut Isaacson, misi Voyager paling tidak akan mengirim sinyal ke lebih dari 1.000 bintang pada 2030. “Sinyal yang diterima akan tampak jelas sebagai sinyal buatan,” katanya kepada BBC. Isaacson menambahkan, alien yang tinggal di sekitar yang bintang terdekat dari Bumi sudah punya waktu untuk menerima dan mengirim sinyal balasan dalam 8 tahun ke depan.

Tidak hanya gelombang radio. Pengamat dari planet lain juga bisa menerka ada kehidupan di Bumi dengan mengamati atmosfer Bumi. Cahaya lampu yang memancarkan sodium juga bisa jadi tanda peradaban yang sudah maju.

Menurut Paul Rimmer, ahli astrokimia dari University of Cambridge, indikator terbaik dari kehidupan di Bumi adalah oksigen, nitrogen, dan uap air. “Ketiganya adalah indikasi samudra berisi cairan yang stabil.”

Exit mobile version