Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Industri Perlu Mengatasi Potensi Kejahatan Siber yang Tinggi

Keamanan siber saat ini masih menjadi salah satu tantangan yang tengah dihadapi oleh berbagai sektor industri di dunia, terutama di Indonesia. Kondisi pertahanan siber Indonesia masih terbilang memprihatinkan jika dibandingkan dengan rata-rata global.

Dalam hal ini, Ignasius Oky, SIEM Product Manager Multipolar Technology, mengungkapkan bahwa penguatan sumber daya manusia sangat penting untuk meningkatkan keamanan dari serangan siber. Sumber daya manusia dapat dimanfaatkan untuk melakukan pemantauan secara berkala terhadap perkembangan kejahatan siber.

Menurut Oky, seberapa canggih teknologi yang digunakan dan seberapa mampu sumber daya manusia, namun jika tidak ada perawatan, kunjungan berkala, dan pemantauan berkala, dapat menjadi celah baru ketika terjadi insiden atau serangan siber yang terus menerus.

Oleh karena itu, dalam menjamin keamanan siber ini, perlu adanya edukasi dan pelatihan dari satu industri ke industri lain. Hal ini bertujuan agar sumber daya manusia di setiap industri dapat saling memahami celah-celah baru yang menjadi kejahatan siber.

Ignasius Oky juga menekankan bahwa ini sangat dibutuhkan untuk membantu rekan industri dalam membangun literasi, tek