Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Jadwal Puncak Hujan Meteor Taurid yang Bisa Dilihat di Indonesia

Pada bulan November ini, akan ada fenomena hujan meteor yang akan mempercantik langit malam Indonesia. Puncak hujan meteor Taurid-Utara akan terjadi pada tanggal 12 November 2023. Hujan meteor ini telah terjadi sejak beberapa waktu yang lalu. Instagram Observatorium Bosscha menjelaskan bahwa puncak hujan meteor Taurid-Utara akan terjadi mulai pukul 18:27 WIB hingga fajar tanggal 13 November. Namun, waktu tersebut tergantung pada wilayah masing-masing.

Untuk dapat melihat fenomena ini, masyarakat Indonesia dapat melihat ke arah rasi Taurus di langit utara. Fenomena hujan meteor ini terjadi setiap tahunnya pada bulan November, dengan dua bagian yaitu Taurid Selatan dan Taurid Utara. Taurid Selatan telah terjadi sejak tanggal 28 September hingga 2 Desember mendatang, dengan puncak hujan meteor Taurid Selatan terjadi pada tanggal 4-5 November 2023. Sementara itu, Taurid Utara telah dimulai sejak tanggal 13 Oktober 2023 dan akan berakhir pada tanggal 2 Desember mendatang.

Fenomena hujan meteor Taurid ini dikatakan lebih sempurna dibandingkan dengan hujan meteor lainnya seperti Perseid pada bulan Agustus dan Geminid pada bulan Desember nanti. Saat puncaknya, hujan meteor Taurid tidak akan terlalu banyak terlihat, dengan perkiraan setengah lusin bintang jatuh per jamnya. Fenomena hujan meteor Taurid biasanya hanya menunjukkan jumlah yang sedikit, sehingga masyarakat mungkin tidak menyadari adanya bintang jatuh di langit.