Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Indosat Memberikan Informasi Lengkap Tentang Kerjasama dengan Pesaing Starlink

Belum lama ini, Indosat dilaporkan tengah menjajaki kerja sama dengan penyedia internet berbasis satelit, OneWeb. Direktur & Chief Business Officer IOH, Muhammad Buldansyah, buka suara terkait hal tersebut.

“Kita ada pembicaraan dengan OneWeb, tapi masih baru sekedar diskusi dan penjajakan,” ujar Danny, di Jakarta, Rabu (8/11/2023).

“OneWeb merupakan penyedia internet yang beroperasi di orbit rendah Bumi (LEO). Jaringan internet yang sama juga disediakan oleh Starlink, yang dimiliki SpaceX. Di Indonesia sendiri, OneWeb bekerja sama dengan PT Dwi Tunggal Putra.”

Danny menjelaskan penggunaan satelit bagus untuk negara kepulauan seperti Indonesia. Jangkauannya bisa lebih luas dibandingkan infrastruktur biasa. Saat ditanya mengapa hanya bertemu dengan OneWeb, Danny mengatakan diskusi dengan semua pihak. “Kita diskusi sama semuanya[…]munculnya baru satu aja,” ujar dia.

Informasi pertemuan Indosat dan OneWeb diungkap oleh CEO Indosat Vikram Sinha. Dalam Linkedin, dia memamerkan foto di markas OneWeb.

“Kami akan bekerja bersama dengan tujuan lebih besar yaitu menyediakan koneksi untuk setiap warga Indonesia, terutama yang ada di pulau terluar,” kata Vikram.

Vikram memastikan membuka kerja sama dengan seluruh perusahaan satelit. Dengan begitu, pihaknya bisa memberikan pengalaman terbaik bagi masyarakat.

Terdapat sejumlah fokus untuk kerja sama dengan perusahaan satelit. Salah satunya adalah memberikan layanan data terbaik di daerah terpencil. Selain itu juga membantu industri berlokasi di daerah pelosok yang membutuhkan sambungan internet, misalnya dari sektor perikanan maupun perkebunan.

“Dengan pencitraan satelit ini bisa membantu dengan layanan yang dimiliki oleh penyedia satelit tersebut, bisa eksplorasi,” kata Vikram.