Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Kritik Terhadap Taktik HP China untuk Mengalahkan iPhone Sangat Membuat Resah

Seri flagship Xiaomi 14 dan 14 Pro baru saja dirilis di China pada akhir Oktober 2023. Dalam waktu kurang dari sebulan, HP tersebut sudah terjual 1 juta unit, menurut klaim CEO Xiaomi Lei Jun.

Analis menilai ramainya minat terhadap Xiaomi 14 menandai kebangkitan pasar HP China, setelah mengalami penurunan selama beberapa kuartal terakhir.

Xiaomi 14 dan 14 Pro sangat ambisius, terutama dari segi fotografi. HP ini dilengkapi dengan kamera yang dikembangkan bersama dengan Leica, pabrikan legendaris asal Jerman.

Xiaomi telah mengumumkan kemitraan strategis dengan Leica sejak tahun lalu. Namun, keputusan ini mendapat sorotan dari berbagai tokoh penting di industri teknologi.

Sebastian de With, co-founder Lux Optics yang mengembangkan aplikasi kamera iPhone ‘Halide’, menjadi salah satu yang mengkritik kerja sama Xiaomi dan Leica. Dia terkejut dengan keputusan Leica yang membiarkan Xiaomi menaruh logo mereka di HP tiruan iPhone.

Blogger teknologi sekaligus designer UI, John Gruber, juga menyuarakan kritiknya terhadap Leica dan Xiaomi. Ia bingung dengan keputusan Xiaomi yang meniru iPhone, dan Leica yang bersedia melakukan apapun mungkin demi uang dari Xiaomi.

Meskipun demikian, pasar HP di China lebih kompetitif dari berbagai sektor. Sebagai informasi, pasar HP terbesar dipegang oleh China, sehingga seluruh pabrikan HP menganggap China sebagai kunci bisnis mereka. Ia mengatakan, karakter pengguna iPhone di AS cenderung merupakan pengguna loyal. Sementara di China, masyarakat akan mudah berganti dari Apple, ke Huawei, lalu ke Xiaomi, dst.

Dengan begitu, wajar saja jika pabrikan China berlomba-lomba menghadirkan perangkat sebaik-baiknya dari berbagai sektor. Selain itu, ketimbang menilai Xiaomi meniru iPhone, bisa dibilang pabrikan tersebut hanya ingin perangkatnya lebih familiar bagi pasar yang sudah biasa pakai flagship.

Selain itu, Apple juga banyak meniru fitur-fitur yang tersemat pada Android. Misalnya saja ‘Always-on Screen’ dan ‘Swipe-to-type’. Yang terpenting adalah, software yang ditawarkan pabrikan China fungsional, familiar, dan cocok untuk kebutuhan audiens.

Terkait Leica, ini bukan pertama kalinya vendor kawakan itu bekerja sama dengan perusahaan HP. Sebelumnya, Leica juga pernah bermitra dengan Huawei. Jika Anda membeli flagship Xiaomi dengan kamera Leica, seperti Xiaomi 13 Pro dan Ultra, Anda mendapatkan HP dengan kamera terbaik di dunia.

Exit mobile version