Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Amerika Sebut Anti Israel Pro Palestina, TikTok Buka Suara

 

Jakarta, CNBC Indonesia – TikTok menjadi salah satu perusahaan yang dikecam dan dinilai bias dalam menanggapi konflik antara kelompok Hamas dan Israel.

Pejabat pemerintahan Amerika Serikat (AS) sempat berencana memblokir total aplikasi TikTok karena banyak menyiarkan konten pro Palestina.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Senator Josh Hawley dalam surat terbuka mengatakan bahwa konten-konten yang mengkritik Israel akan memunculkan propaganda di kalangan masyarakat AS.

Beberapa politisi AS menyalahkan TikTok karena banyak anak muda yang mendukung Palestina. Mereka menuduh TikTok telah menyebarluaskan konten yang menjelek-jelekkan Israel.

Diketahui, serangan bombardir Israel yang bertubi-tubi di Gaza telah menyebabkan hampir 12.000 warga Palestina tewas. PM Israel Benjamin Netanyahu masih menolak seruan dunia untuk melakukan gencatan senjata.

Di tengah aksi kejam tersebut, raksasa internet asal AS seperti Meta (Facebook, Instagram, WhatsApp) dan Google juga dinilai bias dan berpihak ke Israel.

Salah satunya, WhatsApp dilaporkan menunjukkan emoji bocah bawa senjata di stiker yang menggambarkan ‘Palestina’. Sementara untuk ‘Pasukan Israel’, tak ada gambar senjata dan terlihat anggota militer yang tersenyum.

Menanggapi tuduhan AS, manajemen TikTok buka suara. Menurut perusahaan, algoritma TikTok tak pernah berpihak pada salah satu kepentingan.

“Rekomendasi algoritma kami tak berpihak dan memiliki pengukuran yang adil untuk mencegah manipulasi,” kata TikTok, dikutip dari TechCrunch, Rabu (15/11/2023).

“Konten yang dilihat orang-orang di TikTok dikumpulkan oleh komunitas pengguna kami. Rekomendasi berdasarkan konten yang sebelumnya menarik bagi mereka,” perusahaan menambahkan.

Al Jazeera melaporkan, dalam 30 hari yang berakhir pada 8 November lalu, ada 6.000 post terkait konflik di Timur Tengah. 55 juta views merujuk ke tagar #standwithisrael dan 37 juta views merujuk ke tagar #standwithpalestine.

Sebanyak 177.000 post menghimpun view dengan tagar #freepalestine.

“Perlu dimengerti bahwa semua hashtag yang ada di platform kami dibuat oleh pengguna, bukan TikTok,” kata perwakilan TikTok.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Konflik Hamas-Israel Panas, TikTok Sebut Teroris

 

(fab/fab)


Exit mobile version