Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Heboh! Sam Altman, Bos Chatbot Dipecat karena Dituduh Tidak Jujur

Dewan direksi OpenAI, pembuat chatbot ChatGPT, secara mengejutkan memecat kepala eksekutif Sam Altman. Bukan hanya itu, pendiri OpenAI lainnya, Greg Brockman juga dicopot sebagai ketua dewan direksi.

Dalam keterangannya, dewan direksi perusahaan menyatakan Altman melakukan tindakan tidak jujur. Keputusan tersebut juga berdasarkan peninjauan yang dilakukan oleh dewan.

“Kepergian tuan Altman terkait proses peninjauan yang disengaja oleh dewan, yang menyimpulkan dia tidak secara konsisten jujur dalam komunikasi dengan dewan, jadi menghambat kemampuan dewan melaksanakan tanggung jawabnya,” tulis pernyataan Dewan Direksi perusahaan, dikutip dari The Guardian, Sabtu (18/11/2023).

The Guardian juga menuliskan tidak dijelaskan apa yang disembunyikan Altman dari direksi OpenAI. Pria 38 tahun itu juga dilaporkan meninggalkan kursinya di dewan direksi.

Altman juga telah buka suara usai pemecatannya itu. Dia memang tak berbicara banyak, namun menjanjikan akan mengungkapkannya di masa depan.

Dalam cuitannya, Altman berbicara soal pekerjaannya di OpenAI. Termasuk menyukai bekerja dengan banyak orang berbakat di perusahaan itu.

“Saya menyukai waktu saya di OpenAI. Ini merupakan masa transformatif untuk saya pribadi dan semoga dunia sedikit berubah. Paling sayang sukai adalah bekerja dengan orang-orang berbakat. Akan berbicara lebih banyak soal apa yang terjadi nanti,” kata Altman.

Posisi Altman sebagai CEO akan digantikan Mira Murati. Sebelumnya dia menjabat sebagai CTO OpenAI dan bagian dari kepemimpinan di perusahaan asal San Fransisco Amerika Serikat (AS) itu selama lima tahun.

The Guardian melaporkan pengumuman itu mengejutkan banyak karyawan. Bahkan beberapa dari mereka mengetahuinya dari pengumuman internal dan blog perusahaan untuk publik.

Perubahan lain yang terjadi adalah Greg Brockman yang mengundurkan diri dari posisinya sebagai ketua dewan. Namun dia tetap menjabat sebagai presiden OpenAI.

Brockman mengatakan kepergiannya karena pemberitaan yang terjadi hari itu. Pernyataan itu dia sampaikan dalam quotes cuitan Altman.

“Namun berdasarkan berita hari ini, saya keluar,” tulisnya.

Berdasarkan cuitan terbarunya, Brockman mengatakan dia dan Altman dipanggil terpisah terkait pemecatan itu. Altman, dia menuliskan, ikut dalam pertemuan di Google Meet dengan seluruh dewan tanpa ada Brockman di dalamnya.

Pertemuan tersebut terkait soal pemecatan itu. Berikutnya Brockman ikut dalam pertemuan dewan dan diberitahu telah dikeluarkan dari dewan direksi. “Sejauh yang kami tahu, tim manajemen baru mengetahui hal ini tidak lama, selain Mira yang sudah mengetahuinya malam sebelumnya,” kata Brockman.