Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Windows 10 Sekarang Mendapat ‘Kembaran ChatGPT’, Segera Periksa Dengan PC Anda

Robot chat kecerdasan buatan milik Microsoft, Copilot, kini telah tersedia di Windows 10. Platform serupa ChatGPT tersebut sebelumnya hanya ada di Windows 11.

Update yang memuat Copilot untuk Windows 11, sistem operasi terbaru dari Microsoft, telah dirilis pada 31 Oktober 2023. Saat ini, Windows 11 digunakan oleh 27% pengguna sistem operasi Windows, sementara Windows 10 masih menjadi sistem operasi yang paling populer dengan 68% pengguna PC.

Dengan peluncuran ChatGPT, perusahaan teknologi berlomba-lomba untuk merilis platform kecerdasan buatan (AI) generatif mereka sendiri. Microsoft sendiri merupakan salah satu investor utama di OpenAI, perusahaan pemilik ChatGPT.

ChatGPT yang saat ini memiliki 100 juta pengguna aktif mingguan merupakan teknologi yang mampu “diajari” dengan data dalam jumlah besar untuk menjalankan perintah manusia, menciptakan kalimat, gambar buatan, dan suara.

Selain menjawab pertanyaan, chatbot yang menggunakan AI generatif juga mampu membuat kesimpulan dari dokumen dalam jumlah besar dan menulis draft email.

Copilot menggunakan teknologi GPT yang serupa dengan ChatGPT. CEO Microsoft, Satya Nadella menyatakan bahwa Copilot bisa digunakan sebagai “rekan AI sehari-hari.”

Saat ini, Copilot sudah tersedia di mesin pencari Bing, browser Edge, dan software bisnis Dynamic. Namun, Microsoft berhati-hati dalam meluncurkan Copilot di Windows agar performanya di Windows 11 dan Windows 10 bisa berbeda.

Perusahaan juga mengambil langkah lebih perlahan dalam menyediakan Copilot di aplikasi Office mereka. Baru-baru ini, Copilot tersedia di Microsoft 365 setelah melalui program akses awal yang berlangsung berbulan-bulan.

Copilot akan tersedia di PC yang menggunakan Windows 10 versi 22h2, edisi Home dan Pro. Versi Windows 10 yang dikelola oleh organisasi tidak akan menerima update Copilot.

Fitur ini bisa diaktifkan dengan masuk ke laman Settings, Update & Security, kemudian klik Windows Update. Pengguna kemudian dapat menyalakan tombol “Get the latest updates as soon as they’re available” lalu klik “Check for updates.”

Dukungan Microsoft atas Windows 10 rencananya akan diakhiri pada Oktober 2025. Setelah itu, pengguna Windows harus upgrade ke Windows 11 jika ingin terus menerima update.

Exit mobile version