Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Mendadak Ditendang: Pencipta ChatGPT Berencana Untuk Balas Dendam

CEO OpenAI, Sam Altman, mendadak dipecat dari perusahaannya sendiri, OpenAI. Startup ini menjadi terkenal setelah meluncurkan layanan chatbot AI-generatif, ChatGPT.

Setelah dipecat, Altman kabarnya sedang merencanakan “balas dendam” dengan mendirikan perusahaan AI baru.

Rencana tersebut terungkap dari sumber internal yang mengetahui konflik internal, dilansir dari Reuters, Senin (20/11/2023).

Satu hari setelah dipecat, Altman langsung berdiskusi dengan beberapa peneliti inti di OpenAI dan pihak lain yang setia kepadanya, sebagai langkah awal untuk mendirikan perusahaan AI baru.

Kemungkinan kembalinya Altman, yang dianggap banyak orang sebagai ‘bapak’ AI-generatif, masih belum pasti.

OpenAI dan Altman belum memberikan komentar terkait hal ini.

Investor di OpenAI, termasuk pendukung terbesarnya Microsoft, sedang membahas konsekuensi domino atas perusahaan, termasuk kemungkinan meminta dewan direksi untuk mengembalikan Altman sebagai CEO karena khawatir akan eksodus massal talenta tanpa kehadirannya.

Khosla Ventures, pendukung awal OpenAI, menginginkan Altman kembali ke OpenAI. Melalui akun X-nya, Khosla mem-posting dukungan kepada Altman dalam segala langkah yang akan diambilnya ke depan.

Dilaporkan bahwa Microsoft memiliki 49% saham perusahaan, sementara investor dan karyawan lain mengendalikan 49%, dengan 2% dimiliki oleh induk nirlaba OpenAI.

Emosi memuncak pada hari Sabtu karena karyawan dan mantan karyawan marah kepada manajemen atas pemecatan Altman. Mereka khawatir tentang bagaimana penjualan saham senilai US$86 miliar yang akan datang dapat dipengaruhi oleh pergolakan manajemen yang tiba-tiba.

Beberapa karyawan yang terkejut mempertimbangkan untuk berhenti jika Altman tidak dipekerjakan kembali pada akhir akhir pekan lalu. Pihak lainnya menyatakan dukungan untuk bergabung dengan Altman jika ia memulai sebuah perusahaan baru.

Mantan Presiden OpenAI Greg Brockman, menyatakan keluar dari OpenAI karena pemecatan Altman. Brockman diharapkan akan bergabung dalam langkah apapun yang akan Altman ambil selanjutnya.

Beberapa peneliti di OpenAI, termasuk Szymon Sidor, telah keluar dari perusahaan karena pergantian CEO, tetapi tidak jelas apakah Sidor dan yang lainnya akan bergabung dengan perusahaan Altman yang baru.

Altman dan mantan kepala desain Apple Jony Ive, telah mendiskusikan pembuatan perangkat keras AI baru, menurut laporan The Information pada September lalu. Dilaporkan bahwa CEO SoftBank Masayoshi Son terlibat dalam percakapan tersebut.

Pemecatan Altman terjadi karena “gangguan komunikasi”, bukan “penyimpangan,” tulis Chief Operating Officer Brad Lightcap dalam memo internal perusahaan pada hari Sabtu yang dilihat oleh Reuters.

Beberapa media seperti The Verge dan Forbes melaporkan, setelah pemecatan, sudah ada diskusi antara dewan dan investor OpenAI untuk mengembalikan Altman sebagai CEO.