Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Bos ChatGPT Tersebut Tiba-Tiba Dipecat dengan Alasannya

OpenAI Pecat CEO Sam Altman, Bos ChatGPT di Balik Sukses Perusahaan
Akhir pekan lalu, dunia teknologi dikejutkan oleh pemecatan Sam Altman dari posisinya sebagai CEO OpenAI. Dewan direksi telah buka suara soal pemecatan pendiri perusahaan yang berada di belakang kesuksesan ChatGPT itu.

Bukan hanya Altman, rekan pendirinya Greg Brockman juga dicopot dari kursi dewan, hanya beberapa menit setelah Altman dipecat pada Jumat (17/11) lalu.

Altman dituding tidak jujur dalam komunikasi dengan dewan. Langkah tersebut membuat mereka kehilangan kepercayaan padanya, dikutip dari BBC, Senin (20/11/2023).

Belum jelas apa yang dimaksud dengan pernyataan dewan direksi OpenAI. Pihak dewan juga tidak menjelaskan lebih lanjut soal hal apa yang dianggap tidak jujur dalam pernyataan Altman.

BBC mencatat nampaknya ada yang telah atau belum diceritakan Altman pada dewan direksi. Pada akhirnya, hal itu ketahuan oleh dewan direksi dan berakhir dengan pemecatan.

Kejatuhan orang nomor satu di perusahaan biasanya disebabkan karena budaya kerja tidak sehat. Namun, BBC mengatakan ini tidak terjadi di OpenAI, bahkan nilai perusahaan masih cukup tinggi pada Oktober lalu yakni US$80 miliar.

BBC juga menyinggung soal masalah pada teknologi AI itu yang sangat populer. Beberapa hari lalu, Altman mengungkapkan ChatGPT tengah berjuang memenuhi permintaan yang melonjak. Termasuk menghentikan sementara pendaftaran pada layanan tersebut.

Sementara itu, sejak AI jadi pembicaraan hangat karena kehadiran ChatGPT, pendapat orang terbelah dua baik yang mendukung maupun tidak. Altman sendiri telah berulang kali berbicara soal risiko dan manfaat yang ditimbulkan dari AI.

Misalnya, dia pernah mengatakan AI merupakan tools dan bukan makhluk. Altman juga sempat mengatakan risiko teknologi itu menjadi tidak terkendali.

Setelah Altman dipecat tiba-tiba pada pekan lalu, ada upaya untuk membawanya kembali ke OpenAI. Hal itu dilakukan oleh para investor dan tekanan dari karyawan loyalis Altman.

Bahkan, ratusan karyawan mengancam akan mengundurkan diri secara massal jika dewan direksi tak mengembalikan Altman ke perusahaan.

Namun, setelah Altman berdiskusi dengan dewan direksi pada Minggu (19/11) lalu, hasilnya sama saja. Dewan direksi tetap berpegang teguh pada keputusan untuk mengeluarkan Altman.

Perusahaan mulanya menunjuk CTO OpenAI Mira Murati sebagai CEO interim. Namun, dalam waktu sehari, posisi itu dipindahkan ke co-founder Twitch yang sudah lepas jabatan eksekutif sejak tahun lalu, Emmet Shear.

Microsoft yang memegang 49% saham di OpenAI mengatakan mendukung keputusan dewan direksi. CEO Satya Nadella lantas mengumumkan Altman dan Brockman bergabung di Microsoft untuk mengepalai divisi yang mengembangkan teknologi AI canggih.