Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Bocoran: Samsung Galaxy S24 Akan Meluncur di Markas Apple

Samsung akan Mempercepat Jadwal Peluncuran Seri Galaxy S24 pada 17 Januari 2024

Samsung memiliki strategi khusus dalam meluncurkan seri Galaxy S24. Menurut laporan yang beredar, Samsung akan mempercepat jadwal perilisan seri flagship itu pada 17 Januari 2024. “Kami akan mengumumkan seri Galaxy S24 di San Jose, AS, pada 17 Januari waktu setempat,” menurut laporan The Elec berdasarkan keterangan pihak Samsung. “Penjualan juga akan langsung dimulai,” kata sumber tersebut.

Laporan menyebut peluncuran Samsung Galaxy S24 yang dipercepat merupakan taktik untuk berkompetisi dengan Apple. Saat ini, iPhone 15 belum punya saingan sepadan di pasaran dan ini merupakan peluang untuk menggenjot penjualan Galaxy S24. Samsung juga memilih San Jose sebagai lokasi peluncuran. Lokasi itu merupakan letak markas Apple.

Samsung mematok penjualan seri Galaxy S24 meningkat setidaknya 10% dari pendahulunya. Dalam angka, proyeksinya mencapai 35 juta unit dalam setahun.

Spesifikasi Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, Galaxy S24 Ultra

Selain soal jadwal dan tempat peluncuran, spesifikasi trio Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra juga sudah berseliweran di internet.

Ukuran layar Galaxy S24 reguler dan Plus diperkirakan akan mendapat sedikit peningkatan, yakni 6,17 inci pada S24 dan 6,65 inci pada S24 Plus. Samsung diperkirakan akan mempertahankan panel 1.080 x 2.340. Namun, untuk S24 Plus dikabarkan akan mendapatkan resolusi WQHD yaitu 1.440 x 3.120. Sedangkan S24 Ultra diperkirakan akan mendapatkan peningkatan refresh rate, dan tampaknya kini mampu menghasilkan output hingga 144Hz.

Samsung mungkin juga mengikuti jejak Apple dengan memberikan sisi titanium pada Galaxy S24 Ultra. Titanium tidak hanya lebih keras dari aluminium, tapi akan menghasilkan desain yang lebih ringan. S24 Ultra diperkirakan akan memiliki bobot 8,21 ons, dibandingkan 8,25 ons untuk model sebelumnya.

Dalam hal CPU, Galaxy S24 akan hadir dengan chip Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 atau setara dengan chip Exynos 2400. Lagi-lagi chip yang digunakan mungkin tergantung pada wilayah HP itu dijual, meskipun tampaknya Galaxy S24 Ultra akan hadir dengan chip Qualcomm, di mana pun pasarnya.

Soal RAM, ada rumor kuat yang menyatakan S24 dan S24 Plus akan ditingkatkan dari 8GB menjadi 12GB. Kabar ini memungkinkan versi S24 Ultra akan memiliki kapasitas 16 GB.

Untuk kapasitas baterai, meskipun S24 dan S24 Ultra tampaknya akan sama. Namun lagi-lagi seri S24 Plus kemungkinan akan mendapat peningkatan 200mAh, menjadi 4,900mAh. Meskipun S24 Ultra mempertahankan kapasitas yang sama, pengguna akan mendapatkan lebih banyak manfaat. Sebab Samsung kabarnya akan menerapkan teknologi baterai bertumpuk, yang memungkinkan kepadatan energi yang lebih baik tanpa meningkatkan ukurannya.

Dalam hal storage, sepertinya model 128GB akan ditiadakan. Samsung tampaknya akan memulai semua model S24 dengan penyimpanan internal 256GB, dan kemungkinan akan meningkat menjadi 2TB untuk versi S24 Ultra.

Sejauh ini baru sedikit bocoran yang membahas kamera. Galaxy S24 dan S24 Plus tidak akan mendapatkan peningkatan apa pun dari segi fotografi. Agak mengecewakan memang, tapi perlu diperhatikan bahwa kualitas kamera kedua tidak sepenuhnya buruk.

Sementara pada varian Ultra, kabarnya akan mendapat peningkatan di tahun depan. Sensor utama 200MP dan ultrawide 12MP akan tetap sama, tapi perusahaan asal Korea Selatan itu tampaknya akan memperkenalkan lensa telefoto 50MP baru. Salah satu laporan menyebut seri ini hanya akan memiliki zoom optik 5x, dibandingkan 10x pada generasi sebelumnya.

Samsung juga telah memberikan beberapa fitur video menarik untuk S24 Ultra, yang menggunakan kamera 200MP dan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3. Penggunaan AI akan memungkinkan pengguna mengawasi subjek dalam video sekaligus merekam gambar sudut penuh dan gambar yang dipotong. Seperti seri sebelumnya, S24 Ultra akan menjadi satu-satunya model yang hadir dengan S Pen yang dibundel.

Namun ada dua fitur tambahan yang mungkin hadir di beberapa atau semua ponsel. Yang pertama adalah komunikasi satelit. Samsung belum mengonfirmasi fitur ini, tapi kemungkinan besar ponsel tersebut akan debut dengan fitur ini. Ini adalah fitur untuk keadaan darurat ketika pengguna tidak bisa mendapatkan sinyal seluler dan memungkinkan mengirim pesan SMS dan gambar beresolusi rendah untuk mendapatkan bantuan saat berada di luar jaringan.

Fitur baru kedua adalah AI generatif, yang tampaknya akan menjadi terobosan besar bagi Samsung pada tahun 2024. Perusahaan telah membagikan satu contoh yakni kemampuan untuk menerjemahkan panggilan telepon secara real-time. Tidak jelas apakah Samsung melihat AI sebagai fitur eksklusif di varian Ultra, atau semua model dapat menggunakan fitur ini.

Namun, berbagai bocoran ini masih berupa rumor. Kita tunggu saja hingga peluncuran resminya awal tahun depan!