Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Perhatian Pengguna HP Android, Pemberitahuan Penting dari Google!

CEO Google, Sundar Pichai, memberikan pesan dan peringatan kepada pengguna HP Android terkait ‘sideloading’. Sideloading merupakan cara pengguna Android menginstal aplikasi dari website atau sumber lainnya. Diskusi tentang sideloading sudah lama menjadi kontroversi. Ada yang menyebut sideloading memberikan kebebasan dan fleksibilitas bagi pengguna, namun banyak yang menilai sideloading berisiko membawa bahaya karena aplikasi yang tersedia di toko aplikasi resmi sudah melalui proses penyaringan, sehingga lebih aman.

Sideloading tidak bisa dilakukan di iPhone karena Apple melarang keras mekanisme tersebut. Ini juga menjadi salah satu perbedaan kunci antara sistem operasi iOS milik Apple dan Android milik Google. iOS benar-benar eksklusif, semua aplikasi yang diinstal ke iPhone dan iPad harus melalui toko aplikasi Apple App Store. Namun, Undang-Undang Pasar Digital (DMA) yang ditetapkan oleh Uni Eropa akan memaksa Apple mengakomodir mekanisme sideloading pada perangkatnya.

CEO Google, Sundar Pichai, memberikan peringatan kepada semua pengguna HP Android bahwa aplikasi sideloading memiliki risiko yang tinggi karena rentan terinfeksi malware. Peringatan tersebut sejalan dengan alasan Apple tidak mau memberikan izin sideloading. Debat tentang sideloading bertumpu pada bagaimana menciptakan keseimbangan antara kebebasan pengguna dan keamanan pengguna. Meski sideloading berisiko mendatangkan virus berbahaya, tetapi mekanisme itu dianggap memberikan kebebasan akses bagi pengguna ke semua aplikasi.

Exit mobile version