Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Joe Biden Disemprot karena Raksasa AS Bandel yang Menjual Chip ke China

Pemerintahan Joe Biden semakin terbuka tentang persaingan dalam mendominasi sektor teknologi melawan China. Pekan ini, Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo memberi peringatan kepada Nvidia.

Raimondo mengimbau Nvidia agar tidak membuat chip dengan rancangan spesifikasi khusus demi bisa menjualnya ke China.

Sebagai informasi, kebijakan blokir yang dicanangkan AS ke China saat ini memang fokus ke chip canggih untuk mengembangkan teknologi AI. Artinya, raksasa chip AS seperti Nvidia bisa mengakali aturan itu dengan menjual chip ‘tak canggih’ ke China.

Masalahnya, chip “tak canggih” sekalipun dikhawatirkan bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan AI. Hal ini yang membuat Raimondo marah dan memberi peringatan tegas kepada Nvidia.

Di sisi lain, China merupakan salah satu pasar penting bagi produsen chip AS. Menanggapi hal ini, CEO Nvidia Jensen Huang akhirnya buka suara.

Ia mengatakan Nvidia akan terus berkoordinasi dengan pemerintah AS untuk memastikan chip yang dijual ke pasar China tidak melanggar aturan pembatasan ekspor.

Nvidia telah mengantongi kerja sama untuk menyokong 90% pasar chip AI di China dengan nilai mencapai US$ 7 miliar.

Kebijakan AS akan menyulitkan ruang gerak Nvidia. Analis memprediksi aturan ketat tersebut bisa jadi membuka peluang bagi industri chip China untuk mengambil pasar Nvidia.

Bulan lalu, Reuters melaporkan bahwa Nvidia telah memberi tahu pelanggannya di China soal penundaan distribusi chip AI khusus di negara tersebut hingga kuartal pertama 2023.

Huang menolak berkomentar soal ini.

“Nvidia terus berdiskusi dengan pemerintah AS untuk menciptakan produk yang benar-benar sesuai dengan regulasi,” kata dia dalam sebuah konferensi di Singapura.

“Rencana kami saat ini adalah terus berkolaborasi dengan pemerintah untuk menemukan cara mengembangkan produk baru yang sesuai aturan. Tentu saja akan ada beberapa pembatasan pada produk itu,” ia menjelaskan lebih lanjut.

Sebelumnya, pada pertemuan investor November lalu, Nvidia terang-terangan mengatakan akan melihat penjualan di kuartal IV yang menurun gara-gara pemblokiran AS.

Huang mengatakan kontribusi China terhadap total pendapatan Nvidia saat ini sebesar 20%. Tak dijelaskan seberapa besar porsi itu akan berkurang pasca aturan pemblokiran AS berlaku.

Exit mobile version