Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Bersiaplah, AS-Korsel & Jepang Sudah Merencanakan Strategi Bersama untuk Menghadapi Korut

Korea Selatan (Korsel), Amerika Serikat, dan Jepang telah melakukan pertemuan kerja trilateral pertama mereka untuk meningkatkan kerja sama dalam melawan ancaman dunia maya yang semakin meningkat dari Korea Utara (Korut).

Pada hari Kamis (7/12/2023) waktu setempat, Kementerian Luar Negeri Korsel menyebut pertemuan ini sebagai upaya lanjutan dari pertemuan puncak para pemimpin mereka pada bulan Agustus sebelumnya.

Pertemuan tersebut berlangsung di Tokyo dan dihadiri oleh Duta Besar bidang Kebijakan Siber dan Wakil Dirjen Biro Kebijakan Luar Negeri Kementerian Luar Negeri Jepang Ishizuki Hideo, Wakil Perwakilan Khusus untuk Korea Utara Departemen Luar Negeri Negara Bagian Amerika Serikat Jung Pak, dan Direktur Jenderal Urusan Nuklir Korea Utara Kementerian Luar Negeri Republik Korea Lee Jun-il.

Pertemuan ini diluncurkan sebagai bagian dari kesepakatan yang dicapai antara Presiden Yoon Suk Yeol, Presiden AS Joe Biden, dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida pada pertemuan puncak Camp David. Mereka bertujuan untuk meningkatkan kerja sama tripartit di bidang keamanan dan membentuk kelompok kerja yang bertugas untuk memerangi ancaman dunia maya dari Korea Utara.

Ketiga pihak membahas cara untuk melawan pencurian mata uang kripto Korea Utara, dan aktivitas siber ilegal lainnya yang bertujuan untuk mendanai program pengembangan nuklir dan rudalnya. Selain itu, mereka juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama dengan komunitas internasional dan sektor swasta untuk memblokir pekerja ilegal Korea Utara di sektor Teknologi informasi.