Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Ponsel Lipat Cina Terjual Banyak, Didatangi oleh Banyak Pembeli

Penjualan ponsel lipat terus mengalami peningkatan secara signifikan, salah satunya didorong oleh persaingan sengit dari perusahaan-perusahaan China. Menurut laporan DSCC, penjualan ponsel lipat mencapai rekor tertinggi pada kuartal III-2023, dengan lonjakan sebesar 215% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya dan 16% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Total penjualan mencapai 7 juta unit, melampaui puncak penjualan pada tahun sebelumnya sebanyak 6,1 juta unit.

Samsung masih mendominasi pasar dengan dua produk ponsel lipatnya, yaitu Galaxy Z Fold 5 dan Flip 5, meskipun pangsa pasarnya turun menjadi 72%. Sementara perusahaan teknologi asal China seperti Huawei dan Honor mengikuti jejak Samsung, dengan masing-masing memegang pangsa pasar sebesar 9% dan 8%.

Dari segi jenis ponsel, Z Flip 5 mendominasi hampir separuh pasar dengan 45%, diikuti oleh Z Fold 5 sebesar 24%. Huawei Mate X3 dan Honor Magic V2 masing-masing memiliki pangsa pasar sebesar 6%.

Proyeksi untuk sisa tahun ini menunjukkan peningkatan pangsa pasar smartphone lipat pada Q4 sebesar 47%, namun diprediksi akan turun 35% dari kuartal III, sebagian karena pengiriman ponsel Samsung yang lebih rendah dan penundaan produk baru.

Pangsa pasar Samsung diperkirakan akan turun menjadi 42%, sementara Huawei dan Honor masing-masing akan memegang pangsa pasar sebesar 21% dan 19%. Z Flip 5 diprediksi akan tetap memimpin pasar dengan 22%, diikuti oleh Mate X5 dengan 15% dan Magic V2 yang menyalip Fold 5.

Total penjualan ponsel lipat selama setahun penuh diperkirakan akan melonjak 23% dari tahun 2022, menjadi 15,8 juta unit, dengan empat ponsel lipat sebelumnya dan Z Flip 4 menjadi penguasa pasar tersebut.