Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Jadwal Hujan Meteor yang Terlihat di Indonesia Selama Bulan Desember

Musim hujan meteor akan segera tiba di Indonesia. Puppid-Velid akan terjadi mulai awal bulan hingga 15 Desember 2023 mendatang.

Salah satu kota yang dapat menyaksikan hujan meteor ini adalah Jakarta. Selama periode tersebut, masyarakat dapat melihatnya di arah konstelasi Vela.

Puncak aktivitas hujan meteor terjadi sekitar tengah malam Jumat (8/11/2023) dengan tampilan terbaik sebelum fajar. Pada puncaknya, sekitar 7-10 meteor akan turun setiap jamnya.

Rotasi Bumi membuat Jakarta menghadap ke arah datangnya meteor secara optimal, dengan jumlah hujan vertikal ke bawah secara maksimal, dan lintasan pendek mendekati titik pancaran.

Pada hari-hari lainnya, jumlah hujan meteor yang turun di langit Jakarta akan lebih sedikit. Hal ini disebabkan karena meteor masuk atmosfer dengan sudut miring, membuatnya berumur panjang untuk bisa melintasi area luas di langit sebelum terbakar.

Hujan meteor terjadi saat Bumi melewati aliran puing-puing yang tertinggal setelah komet dan asteroid. Potongan itu berbentuk seperti pasir yang menyebar sepanjang orbit obyek induk.

Bintang jatuh akan terlihat dalam fenomena ini saat salah satu puing menabrak atmosfer Bumi, yakni terjadi pada ketinggian 70-100 km.

Ada berbagai macam hujan meteor yang terjadi setiap waktu, dengan jalur yang memancar keluar dari titik umum yang berbeda-beda. Penyebabnya adalah partikel pasir dalam aliran tertentu yang bergerak sama seperti dari arah saat melintasi orbit Bumi, karena orbitnya mirip seperti obyek induknya.

In The Sky menyarankan untuk melihat meteor terbanyak bukan di pancaran obyek, melainkan di bidang langit gelap berjarak 30-40 derajat dari lokasi tersebut.