Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Joe Biden Diduga Sadap Semua HP Android dan iPhone, Berhati-hatilah!

Presiden AS Joe Biden Mengungkapkan Permintaan Sinyal di HP, Android Dan iPhone

Jakarta, CNBC Indonesia – Catatan pengadilan menunjukkan bahwa pemerintah Amerika Serikat (AS) meminta penyadapan pada HP Android dan iPhone. Perusahaan teknologi diminta untuk memberikan informasi terkait notifikasi untuk mengidentifikasi perangkat dengan spesifik.

Laporan dari 404 Media yang mengutip catatan pengadilan menyatakan adanya permintaan penyadapan oleh pemerintah. Diketahui bahwa pemerintah memerintahkan penyidikan terhadap oknum yang diduga melakukan pencurian dan penyuapan.

Kasus ini terkait dengan program penerimaan dana federal. Surat perintah tersebut dimulai pada Mei 2020 yang terkait dengan akun email tertentu di Yahoo, seperti yang dikutip pada hari Senin (11/12/2023).

Agen khusus FBI mencatat bahwa saat pengguna aplikasi mobile menginstal dan meluncurkan aplikasi, mereka akan diarahkan ke Push Token. Ini adalah identifikasi unik dari penyedia layanan untuk mendeteksi lokasi perangkat yang menginstal aplikasi.

Notifikasi akan mengirimkan Push Token ke perangkat melalui notifikasi. Selanjutnya, token tersebut akan kembali ke server dan disimpan oleh perusahaan teknologi terkait.

Sebelumnya, senator AS, Ron Wyden mengungkapkan adanya permintaan notifikasi kepada Apple dan Google dari pemerintah AS dan negara-negara lain. Dalam suratnya itu, data yang dimiliki dua perusahaan itu bisa saja diminta paksa oleh pemerintah.

Wyden meminta Apple dan Google diizinkan untuk mengungkapkan praktik tersebut, termasuk jumlah permintaan yang diterima oleh kedua perusahaan teknologi itu.

Apple juga telah memberikan tanggapan terkait surat Wyden. Menurut perusahaan, surat itu memberikan jalan bagi mereka untuk lebih transparan terkait perintah langsung dari pemerintah.

“Dalam hal ini, pemerintah federal melarang kami membagikan informasi apapun. Sekarang metode ini telah diketahui publik, kami memperbarui laporan transparansi kami merinci permintaan tersebut,” kata Apple kepada Reuters.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya
Google Bujuk Pemilik iPhone Ganti HP Android, Ini Caranya

(npb/npb)

Exit mobile version