Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

AI Milik IBM Mampu Menebak Juara Wimbledon, Tidak Ingin Ketinggalan

Jakarta, CNBC Indonesia – Kecerdasan buatan (AI) tidak akan ditinggalkan oleh masyarakat dalam waktu dekat. Bahkan penggunaannya diperkirakan akan semakin berkembang. “Pada tahun 2024, kita tidak akan mendengar bahwa minatnya menurun. Malah, akan semakin berkembang,” kata President Director IBM Indonesia, Roy Kosasih, dalam IBM 2024 Technology Trends End of Year Media Briefing di Jakarta, Rabu (13/12/2023).

Roy menjelaskan bahwa perusahaan mau tidak mau akan menggunakan AI. Pada masa depan, orang juga tidak akan lagi menanyakan keharusan menggunakan teknologi itu. “Sekarang ini adalah saya harus menggunakan AI. AI sebelumnya baru memikirkan di mana AI itu akan digunakan,” ujarnya.

Dalam survei yang dilakukan kepada 3.000 CEO, Roy mengungkapkan hal serupa. Perusahaan mau tidak mau menggunakannya, terutama untuk AI generatif, yaitu model AI yang bisa menciptakan konten berdasarkan perintah (prompt) pengguna.

Penggunaan AI generatif disebut akan membawa dampak positif bagi perusahaan, karena dipercaya bisa meningkatkan operasional untuk lebih kompetitif.

Roy juga mengungkapkan bahwa IBM telah memiliki teknologi AI sendiri melalui WatsonX, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan apapun yang diinginkan. Salah satunya adalah menebak hasil final tenis putra Wimbledon, yang hasilnya ternyata sama dengan kenyataan di lapangan, yaitu dimenangkan oleh petenis muda Carlos Alcarz atas Djokovic.