Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Ancaman WhatsApp Call Mengajak untuk VCS dari Nomor Tak Dikenal

Belum lama ini, terdapat informasi mengenai modus penipuan baru yang sedang beredar. Modus tersebut adalah melakukan video call sex (VCS) dari nomor yang tidak dikenal.

Pengungkapan modus tersebut dilakukan oleh seorang pengguna Instagram yang menceritakan pengalaman mendapatkan video call tersebut. Telepon yang tidak dikenal masuk melalui akun WhatsAppnya. Pengguna awalnya mengabaikan panggilan tersebut, namun pada akhirnya ia angkat panggilan tersebut karena rasa penasaran.

“Nah keempat kalinya karena aku penasaran ini tuh siapa akhirnya aku angkat tapi kameranya itu aku hadepin ke tembok. Dan aku kaget sekaget-kagetnya waktu aku angkat ternyata itu tuh perempuan tidak pakai baju sama sekali dan dia tuh kayak VCS gitu,” ujarnya, seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Pengguna kemudian menanyakan maksud dari panggilan tersebut. Sang penelepon akhirnya mematikan panggilan telepon itu. Pengguna itu kemudian mengirim pesan WhatsApp ke nomor tersebut namun pesannya hanya centang satu dan kemudian diketahui telah diblokir.

“Entah maksudnya apa orang ini tuh berbuat seperti itu, cuma menurut aku sih ini tuh kayaknya modus penipuan baru. Jadi mungkin ya nanti kan ada muka kita tuh di layar WhatsApp-nya dia, dia bisa aja screen shot terus dia ancam bakal disebarin seolah-olah kita tuh VCS,” lanjut pengguna tersebut.

Pakar keamanan siber Alfons Tanujaya mengatakan VCS dari nomor tidak dikenal adalah modus pengancaman. Pelaku akan memanfaatkan ketidaktahuan para korbannya mengenai teknologi. Jika ada masyarakat yang mendapatkan ancaman, sebaiknya menghubungi kerabat yang mengerti dan meminta bantuan. Sementara soal apakah ini modus baru, dia belum bisa memastikan.

“Itu kebenarannya saja masih perlu dibuktikan. Jadi belum tentu benar cuma mungkin ramai karena viral,” kata Alfons.