Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Huawei dan Xiaomi, Raksasa China Bersaing Panas

Dua raksasa teknologi China, Xiaomi dan Huawei, sedang bertikai. Xiaomi menanggapi klaim dari pejabat Huawei yang menyebut bahwa ada beberapa perusahaan pesaing yang tidak menghormati paten teknologi.

Yu Chengdong, yang mengepalai produk konsumen dan bisnis otomatisasi Huawei, merujuk pada teknologi ‘dragon bone’. Menurutnya, penerapan teknologi tersebut oleh beberapa pihak melanggar paten.

Meskipun ia tidak menyebutkan Xiaomi secara langsung, Xiaomi baru-baru ini memamerkan teknologi lengkungan baru ‘dragon bone’ untuk HP lipat terbarunya, Mix Fold 3.

Xiaomi merasa diserang oleh tuduhan pelanggaran paten yang diindikasikan oleh bos Huawei. Xiaomi menegaskan bahwa teknologi lengkungan terbarunya sepenuhnya dikembangkan secara mandiri oleh tim internal perusahaan.

Xiaomi juga menegaskan bahwa paten miliknya memiliki komponen tambahan jika dibandingkan dengan paten yang dirujuk oleh Yu. Selain itu, Xiaomi juga mengatakan paten Huawei tidak dibuat publik hingga Juni 2021, padahal Xiaomi telah membuat pernyataan publik sebelum tanggal tersebut tentang teknologi dragon bone.

Ketegangan antara Xiaomi dan Huawei terjadi di tengah kompetisi ketat keduanya untuk merebut pasar di segmen premium. Ini bukan pertama kalinya kedua perusahaan tersebut bertikai. Pada 2018, mereka juga pernah cekcok mengenai spesifikasi kamera.