Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Hewan tertua di dunia merayakan ulang tahun ke-191 dengan tingginya libido

Hewan tertua di dunia baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-191. Ia adalah penyu raksasa Seychelles (Aldabrachelys gigantea hololissa) bernama Jonathan.

Umur Jonathan yang hampir mencapai 2 abad itu, memecahkan rekor dunia sebagai chelonian tertua di dunia. Chelonian adalah nama lama untuk hewan yang termasuk dalam ordo Chelonia, sekarang disebut Testudines yang mengacu pada reptil seperti penyu.

Kisah hidup Jonathan sungguh menarik. Meski ulang tahunnya dirayakan, tapi tidak ada yang tahu pasti tanggal pasti dia menetas. Jonathan diperkirakan lahir sekitar tahun 1832, dan dihadiahkan kepada calon gubernur Saint Helena, Sir William Grey-Wilson, pada tahun 1882 sebagai kura-kura dewasa. Saat itu usianya sudah mencapai sekitar 50 tahun.

Pada tahun 2022, Jonathan diberi tanggal ulang tahun resmi oleh gubernur Saint Helena Nigel Philippes, yakni pada 4 Desember 1832. Meskipun usianya sudah lanjut, dokter hewannya Joe Hollins mengatakan kepada Guinness World Records (GWR) bahwa dia menjalani hidup dengan nafsu makan yang sehat.

Jonathan masih diberi makan dengan tangan seminggu sekali dengan tambahan buah dan sayuran oleh tim yang merawatnya. Ia menikmati makanannya bersama tiga kura-kura lainnya, David, Emma, dan Fred, di taman Plantation House.

Dalam usianya yang ke-191, ia telah hidup melalui penemuan bola lampu, penerbangan pertama oleh Wright bersaudara, dan manusia pertama di Bulan, belum lagi masa jabatan 40 presiden AS. “Sungguh luar biasa untuk berpikir bahwa raksasa yang lembut ini bisa hidup lebih lama dari semua makhluk hidup lainnya di darat, termasuk, tentu saja, seluruh umat manusia,” ujar Hollins.

Hollins juga mengatakan bahwa Jonathan berada dalam kondisi kesehatan yang baik dan semua indikasi yang ada saat ini membuat kami berharap bahwa dia akan mencapai abad ketiga jika itu mungkin.