Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Inilah 7 Solusi Jika Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul, Cobalah Langkah Ini!

Jakarta, CNBC Indonesia – Kode verifikasi menjadi hal penting yang pengguna terima untuk bisa masuk ke akun WhatsApp. Kode ini dikirimkan melalui SMS pada nomor ponsel yang terdaftar.

Namun ada kalanya kode verifikasi yang dikirim tidak muncul. Bahkan setelah beberapa saat, kode 6 digit tidak masuk ke SMS yang membuat pengguna kesulitan untuk log in WhatsApp.

Metode verifikasi lewat kode OTP ini sebetulnya tidak hanya digunakan oleh aplikasi WhatsApp. Berbagai aplikasi dan website juga memanfaatkan metode autentikasi lewat OTP dalam proses pendaftaran akun baru atau transaksi finansial.

Jika OTP tidak kunjung, jangan panik. Cek satu per satu permasalahan yang mungkin membuat SMS tidak terkirim

Solusi Tidak Dapat SMS OTP untuk Aktifkan WhatsApp

Berikut beberapa solusi yang bisa dilakukan jika menemui masalah tersebut, dirangkum dari berbagai sumber, Senin (18/12/2023):

Periksa Kode Wilayah dan Nomor Ponsel

Satu hal yang bisa dilakukan adalah mengecek kode wilayah dan nomor ponsel yang digunakan. WhatsApp akan secara otomatis mendeteksi nomor wilayah, namun Anda bisa menggantinya kapanpun.

Cek Koneksi Jaringan

Kemungkinan kode verifikasi tidak masuk karena jaringan internet yang buruk. Pastikan jika Anda memiliki jaringan yang baik saat akan menerima kode verifikasi.

Jika jaringan Anda bermasalah, bisa juga mengatur ulang dengan menyalakan dan mematikan mode Airplane. Pengguna iPhone bisa menemukannya dengan masuk ke menu Control Centre dan klik toggle Airplane.

Sementara pada HP Android, dengan swipe down layar. Lanjutkan dengan matikan dan nyalakan mode Airplane.

Cek Server WhatsApp

Masalah ini juga bisa berasal dari server WhatsApp yang mengalami masalah dan down. Anda bisa mengecek apakah server WhatsApp ataupun operator lokal bermasalah dengan masuk ke laman downdetector.com.

Coba Lagi Meminta Kode Verifikasi

Anda juga bisa mengulang permintaan kode verifikasi. Tunggu dulu hingga proses pengiriman selesai selama 10 menit. Setelah itu coba ulangi proses permintaan kode verifikasi.

Opsi Verifikasi Lain

Jika verifikasi dengan mengirimkan SMS tidak bisa juga, Anda bisa menggunakan cara lain. Misalnya dengan menerimanya melalui panggilan telepon.

Anda bisa memilih opsi Panggil Saya untuk meminta panggilan telepon. Mesin suara otomatis akan memberitahukan kode verifikasi 6 digit, setelah itu masukkan kode tersebut.

Update WhatsApp

Terakhir yang bisa Anda lakukan adalah memperbarui aplikasi WhatsApp. Anda tidak bisa mendapatkan kode verifikasi kemungkinan karena menggunakan aplikasi yang belum diupdate. Silahkan masuk ke toko aplikasi, seperti Play Store dan App Store untuk memperbarui platform WhatsApp.

Isi Pulsa

Satu hal yang sering luput dari perhatian adalah sisa pulsa HP. Untuk beberapa layanan, termasuk WhatsApp, pengiriman SMS akan ditagihkan ke pengguna. Bagi pengguna kartu prabayar, SMS tidak bisa terkirim jika sisa pulsa tidak cukup.

Seiring beralihnya pengguna layanan mobile ke internet, pulsa lebih banyak digunakan untuk membeli kuota internet. Bahkan, beberapa orang langsung membeli kuota internet tanpa mengisi pulsa. Hal ini membuat sisa pulsa untuk panggilan telepon dan SMS sering luput dari perhatian.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya
Fitur Baru WhatsApp Belum Banyak yang Tahu, Ini Daftarnya

(fab/fab)

Exit mobile version