Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Reaksi Netizen terhadap Mahfud, Gibran, dan Cak Imin Menjelang Debat

Drone Emprit mengungkapkan perbedaan sentimen netizen menjelang debat kedua pasangan capres-cawapres malam ini, Jumat (22/12/2023). Mayoritas tweet yang terkait dengan Mahfud MD bernada percaya, sementara tweet tentang Gibran cenderung marah, dan Cak Imin cenderung bahagia.

Emosi kepercayaan adalah emosi paling dominan dalam postingan tentang cawapres pasangan calon 1, Mahfud MD, dengan jumlah sekitar 1.200 postingan. Menko Polhukam yang mendampingi Capres Ganjar Pranowo juga banyak dibicarakan oleh netizen dengan emosi antisipasi dan kejutan.

Cawapres paslon 2, Gibran Rakabuming Raka, merupakan sosok yang paling banyak dibicarakan oleh netizen. Mayoritas emosi yang mewarnai postingan tentang Gibran adalah kemarahan sebanyak 3.400 postingan, diikuti oleh kepercayaan dengan 1.800 postingan, dan kegembiraan sebanyak 1.200 postingan.

Artinya, jumlah postingan yang mengungkapkan emosi senang tentang Gibran setara dengan jumlah postingan yang mengungkapkan emosi kepercayaan yang dominan pada Mahfud.

Cak Imin atau Muhaimin Iskandar adalah cawapres yang paling sedikit dibicarakan oleh netizen. Emosi utama yang mewarnai postingan tentang Cak Imin adalah kegembiraan dengan 483 postingan. Pasangan Capres Anies Baswedan ini juga banyak disebut dalam postingan yang bernada ketakutan sebanyak 339 dan antisipasi sebanyak 291 postingan.

Exit mobile version