Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Fakta bahwa Internet di Indonesia adalah yang paling lambat di Asia Tenggara

Laju kecepatan internet di Indonesia kembali menjadi perbincangan publik setelah calon wakil presiden (cawapres), Muhaimin Iskandar (Cak Imin), mengangkat isu kelemahan internet. Dalam pidatonya, Cak Imin menyatakan bahwa internet merupakan aspek penting dalam ekosistem ekonomi digital, dan pemerintah harus turut ambil bagian dalam memperkuat internet, termasuk kecepatannya.

Menurut data Speedtest, pada Juli 2023 kecepatan internet mobile di Indonesia mencapai 24,21 Mbps, dan fixed broadband di 27,11 Mbps, menempatkan Indonesia pada urutan ke-96 dari 143 negara di dunia. Meskipun peringkat tersebut naik 3 nomor dari laporan sebelumnya, namun Indonesia masih tertinggal jauh dari negara-negara tetangga di Asia Tenggara seperti Singapura dan Malaysia.

Indonesia hanya unggul 2 peringkat dari Kamboja dan Myanmar dalam hal kecepatan internet mobile. Secara global, kecepatan download rata-rata internet mobile adalah 42,35 Mbps, dengan kecepatan upload di angka 10,04 Mbps dan latensi 28ms.

Isu ini menjadi sorotan seiring dengan pentingnya peran internet dalam pembangunan ekonomi digital di Indonesia. Hal ini juga menjadi fokus yang harus diperhatikan oleh pemerintah untuk mendorong peningkatan dan penguatan internet di tanah air.

Exit mobile version