Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Raja Chip AI Mengaku Bangga dan Memberikan Dukungan kepada Israel

Nvidia Sumbangkan US$ 15 Juta untuk Israel, Ini Rinciannya

Jakarta, CNBC Indonesia – Raksasa chip asal Amerika Serikat (AS), Nvidia mengumumkan menyumbangkan US$ 15 juta (Rp 231 miliar) untuk Israel. Sumbangan itu berasal dari sumbangan ribuan karyawan dan perusahaan.

Ribuan karyawan dari lebih 30 negara menyumbangkan total US$ 5 juta. Perusahaan menyamakan sumbangan tersebut dan menggandakannya menjadi US$ 10 juta dalam program spesial untuk mereka yang terdampak perang.

“Kami bangga melihat dukungan luas dari keluarga Nvidia di Israel dan seluruh dunia,” kata wakil penasihat umum Nvidia, Gideon Rosenberg, dikutip dari Reuters, Rabu (27/12/2023).

Sejumlah karyawan memilih menyumbang ke beberapa organisasi seperti Asor Fund (JGive), American Friends of Magen David Adom, Doctors Without Borders, Friends of United Hatzalah, IsraAID (US) Global Humanitarian Assistance, Jewish Agency for Israel, World Central Kitchen, dan Zaka.

Nvidia juga mengumumkan bahwa mereka akan mendonasikan ratusan komputer bagi keluarga yang dievakuasi dari Israel bagian utara dan selatan. Selain itu, perusahaan juga akan menyediakan ribuan makanan hangat dari kafetaria kantor Yokneam.

Dalam keterangan yang sama, Rosenberg juga menyinggung salah seorang pegawai Nvidia, Avinatan Or yang dilaporkan disandera oleh Hamas. Insinyur perusahaan bersama pacarnya Noa Argamani ditangkap saat festival musik Nova pada 7 Oktober 2023 lalu.

Setidaknya sekitar 240 orang dilaporkan ditangkap dalam festival tersebut. Reuters menuliskan bahwa beberapa di antaranya telah dibebaskan.

Rosenberg mengatakan banyak karyawan yang mendoakan kembalinya Or. Dia menambahkan bahwa Nvidia terinspirasi dengan gerakan yang dibuat para pegawai perusahaannya itu.

“Berterima kasih atas doa dan harapan mereka untuk kembalinya rekan kami Avinatan Or dan sandera lainnya sebagai sandera Hamas. Kami sangat terinspirasi dengan kepedulian karyawan kami di seluruh dunia,” jelasnya.