Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Mengungkap Tempat Tersepi di Dunia: Kuburan Satelit Terluas

Point Nemo, Kuburan Satelit Antariksa yang Jadi Pilihan ISS

Jakarta, CNBC Indonesia – Sebuah wilayah terpencil di Samudera Pasifik bernama Point Nemo ternyata merupakan kuburan satelit antariksa. Salah satu yang akan berakhir di sana adalah stasiun luar angkasa International Space Station (ISS).

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berencana menghentikan pengoperasian ISS pada akhir 2030. Berikutnya ISS akan dijatuhkan ke Point Nemo pada Januari 2031.

Live Science melaporkan Point Nemo disebut sebagai tempat paling sepi di dunia. Lokasinya sangat terpencil berada di selatan Pulau Paskah dan utara Antartika.

Point Nemo sudah menjadi kuburan bagi banyak puing antariksa yang dimiliki beberapa negara. Sejak 1971, tercatat lebih dari 263 keping puing luar angkasa ditenggelamkan oleh negara penjelajah seperti AS, Rusia, Jepang, dan negara-negara Eropa.

Langkah menenggelamkan di salah satu sudut Bumi merupakan opsi terbaik daripada membiarkan puing-puing luar angkasa tetap berada di atas sana. Karena semakin padat obyek antariksa akan besar risiko serangkaian tabrakan dan menghancurkannya menjadi fragmen yang semakin kecil.

“Hingga pada titik di mana telah mengacaukan lingkungan orbit dan tidak lagi aman untuk menempatkan pesawat luar angkasa beroperasi di sana,” kata analis sampah luar angkasa di Badan Antariksa Eropa, Stijn Lemmens, dikutip dari Live Sciences, Jumat (29/12/2023).

Point Nemo jadi pilihan terbaik untuk jadi pendaratan terakhir satelit maupun pesawat luar angkasa. Lokasi tersebut bisa meminimalkan risiko kematian dan kehancuran saat ada pesawat ruang angkasa.

Hamparan lautan Point Nemo membuat pesawat luar angkasa bisa mendarat dengan aman. Alasan ini juga, menurut Lemmens, yang membuat lokasi itu pilihan terbaik untuk ISS.

Lemmens menjelaskan para peneliti berusaha mencari lokasi yang cocok untuk kuburan para objek antariksa tersebut. Beberapa syaratnya adalah tidak ada orang yang tinggal, terbang, dan tidak ada perahu.

“Point Nemo salah satunya,” ungkapnya.
Baca Juga

Planet Mirip Bumi Tersembunyi di Tata Surya