Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Inisiatif Kominfo dalam Mengalirkan Internet di Papua Sesuai Perintah Jokowi

Pemerintah RI berhasil membangun dan mengoperasikan 4.990 BTS 4G di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, terluar) hingga Desember 2023. Presiden Joko Widodo meresmikan BTS 4G di Bowombaru, Talaud, Sulawesi Utara. Satelit raksasa ‘SATRIA-1’ difokuskan untuk sekolah, rumah sakit, dan pertahanan.

Namun, BAKTI Kominfo masih harus membangun dan mengoperasikan BTS 4G di 628 titik yang belum rampung tahun ini di Papua. Menurut Menkominfo Budi Arie Setiadi, sudah ada solusi untuk masalah keamanan di Papua.

Pembangunan di pedalaman Papua menghabiskan biaya yang relatif lebih mahal. Terdapat kasus-kasus keamanan dan vandalisme dari kelompok tertentu.

Vendor pembangunan BTS 4G di zona merah Papua mengalami beragam kisah tragis, seperti dibacok dan dipaksa minum darah. Ada pula BTS yang dibangun namun roboh di Papua.

Meskipun demikian, Kominfo yakin dapat menyelesaikan perintah dari Presiden Jokowi hingga semester-1 2024. Tujuan pemerataan digital adalah meningkatkan produktivitas warga hingga ke pelosok.

Exit mobile version