Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Penurunan Apple dari Puncak Kejayaan pada Tahun 2024: Penyebabnya Terungkap

Jakarta, CNBC Indonesia – Laporan IDC menunjukkan Apple menjadi ‘raja HP’ dunia terbaru sepanjang 2023. Pabrikan Cupertino tersebut mampu menggeser posisi yang sebelumnya dipegang Samsung selama satu dekade.

Namun, di sisi lain, Apple kehilangan takhta sebagai perusahaan paling bernilai di dunia. Posisi itu kini dipegang oleh Microsoft.

Melonjaknya pasar Microsoft didorong oleh fokus perusahaan pada kecerdasan buatan (AI) generatif, sebuah sektor yang semakin mendapat dukungan investor.

Microsoft bersama dengan Nvidia dan Amazon yang sangat menekankan penggunaan AI. Ketiganya mengalami lonjakan pasar cukup tinggi selama setahun terakhir. Khususnya nilai pasar Microsoft yang meningkat lebih dari US$1 triliun.

Para analis menggambarkan pergeseran ke arah AI ini seperti awal tahun 2000-an, ketika perusahaan teknologi dan internet mulai menggantikan perusahaan konsumen dan keuangan.

Menurut data LSEG, kapitalisasi pasar Microsoft mencapai US$2,887 triliun, tertinggi yang pernah ada. Sementara kapitalisasi pasar Apple adalah US$2,875 triliun pada penutupan hari Jumat (12/1) setelah mencapai puncaknya pada US$3,081 triliun pada 14 Desember.

Microsoft telah memasukkan teknologi OpenAI ke dalam rangkaian softwarenya, yang menjadi sebuah langkah untuk membantu memicu meningkatkan bisnis cloud pada kuartal Juli-September.

Mengutip Reuters, keunggulan perusahaan dalam bidang AI juga menciptakan peluang untuk menantang dominasi Google dalam penelusuran web.

Di sisi lain, Apple menghadapi tantangan di China dengan penjualan yang lesu. Di awal 2024, penjualan iPhone di China turun 30% dibandingkan tahun sebelumnya.

Kendati di skala global bisnis iPhone tumbuh 3,7% sepanjang 2023 yoy, namun tekanan di China tak bisa dihiraukan.

China merupakan pasar utama bagi Apple dan pasar HP terbesar di dunia. Apple mengalami masalah mulai dari isu pemblokiran di lingkungan pemerintahan Xi Jinping, hingga kebangkitan Huawei yang menarik minat pasar.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya
Samsung Setop Update Software di 5 HP, Anda Punya?

(fab/fab)