Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Putin Tekan Apple, Wajib Bayar Rp 214 Miliar ke Rusia

Apple membayar denda kepada Rusia sebesar 1,2 miliar rubel (Rp 214 miliar) sebagai sanksi atas dugaan monopoli terkait pembayaran dalam aplikasi (in-app purchase).

Otoritas antimonopoli FAS Rusia menyatakan bahwa Apple telah membayar denda pada tanggal 19 Januari dan dana tersebut telah ditransfer ke anggaran federal Rusia, demikian dikutip dari Reuters, Selasa (23/1/2024).

Sebelumnya, Apple menyatakan tidak setuju dengan keputusan FAS. Menurut Apple, distribusi aplikasi melalui sistem operasi iOS tidak memberikan keunggulan kompetisi seperti yang dituduhkan.

Pada Februari 2023, FAS juga mengatakan bahwa Apple telah membayar denda sekitar US$12,1 juta dalam kasus antimonopoli lainnya yang menuduh Apple menyalahgunakan dominasinya di pasar aplikasi seluler.

Rusia telah berselisih dengan perusahaan teknologi asing selama beberapa tahun terakhir terutama terkait konten yang dianggap melanggar hukum oleh Moskow dan kegagalan menyimpan data pengguna secara lokal.

Perselisihan ini meningkat setelah Rusia mengirim pasukan ke Ukraina pada Februari 2022. Apple menghentikan semua penjualan produk di Rusia segera setelah konflik di Ukraina dimulai dan membatasi layanan Apple Pay di Rusia.

Sampai saat ini, belum ada tanggapan dari Apple mengenai pembayaran denda ini.