Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Bisnis Pedagang HP Terguncang di Tahun 2023, Tanda-tanda Kebangkitan?

Raksasa chip smartphone, Qualcomm, melaporkan hasil fiskal kuartal pertama pada Rabu (31/1) pekan ini. Hasilnya, pada kuartal yang berakhir 24 Desember 2023, Qualcomm berhasil meraih pendapatan di atas prediksi analis.

Penjualan chip melonjak 16% secara tahun-ke-tahun (yoy). Pendapatannya US$ 9,92 miliar atau setara Rp 156 triliun. Angka itu lebih tinggi ketimbang yang diestimasikan analis sebesar US$ 9,51 miliar.

Pendapatan per sahamnya US$ 2,75 (Rp 43 ribuan) atau lebih tinggi ketimbang prediksi analis sebesar US$ 2,37.

Untuk kuartal yang sedang berlangsung di awal 2024, Qualcomm mengestimasikan pendapatan per sahamnya antara US$ 1,73-1,93. Sementara pendapatannya diharapkan sekitar US$ 8,9-9,7 miliar.

Profit sepanjang kuartal akhir 2023 naik 24% menjadi US$ 2,77 miliar dari yang sebelumnya US$ 2,24 miliar pada periode serupa tahun 2022.

Qualcomm selama ini diketahui sebagai salah satu penguasa chip smartphone, baik untuk mengoneksikan jaringan seluler maupun untuk prosesor yang menyokong performa HP Android.

Di bawah kepemimpinan CEO Cristiano Amon, Qualcomm juga melebarkan sayap chip teknologinya ke sektor lain. Misalnya PC, mobil, dan headset realitas virtual (VR).

Namun, hingga kini bisnis terbesarnya memang masih menjadi penyuplai komponen chip untuk smartphone di seluruh dunia.

Qualcomm mengapalkan chip senilai US$ 6,69 miliar pada kuartal yang berakhir di Desember 2023 atau naik 16% yoy. Hal ini menjadi penanda bangkitnya industri smartphone setelah anjlok dalam 2 tahun terakhir.

“Kami melihat pasar HP Android mulai stabil setelah melewati 2023,” kata dia.

Sepanjang 2023, pengapalan HP memang masih negatif 3% dibandingkan tahun sebelumnya. Namun, diharapkan 2024 akan kembali pulih dengan pergeseran tren ke HP premium.

Laporan firma riset IDC menunjukkan Apple berhasil menggeser posisi Samsung sebagai raja HP dunia, berdasarkan jumlah penjualan total dan market share.

Lebih lanjut, Popal mengatakan performa gemilang Apple disokong oleh tren HP premium yang makin tumbuh dalam setahun terakhir. Saat ini, HP premium berkontribusi terhadap 20% dari pasar ponsel keseluruhan.

Selain itu, strategi tukar tambah dan cicilan tanpa bunga yang diberlakukan Apple di beberapa negara terbukti berhasil menggenjot minat beli masyarakat.

“Pergantian peringkat ini memperlihatkan intensitas kompetisi di pasar HP,” kata Group VP IDC Worldwide Mobility dan Consumer Device Trackers, Ryan Reith.

Ia mengatakan tren HP premium akan terus meningkat di tahun ini. Huawei bangkit dengan merilis flagship di China. OnePlus, Honor, dan Google juga berlomba-lomba mengamankan posisi di pasar HP premium.

Tren HP lipat dan penggunaan teknologi AI di HP premium juga makin berkontribusi terhadap minat masyarakat ke perangkat dengan harga lebih tinggi.

“Pasar HP secara keseluruhan menunjukkan era yang menarik,” ujar Reith.

Sepanjang 2023, Samsung mencatat pertumbuhan negatif. Raksasa Korea Selatan yang tergelincir ke posisi ke-2 tersebut ‘hanya’ menjual 226,6 juta unit smartphone dalam setahun dengan pangsa pasar 19,4%. Angka itu turun 13,6% yoy.