Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Bos Go To Menjelaskan Alasan di Balik Penjualan Tokopedia ke TikTok

CEO GoTo, Patrick Walujo, memberikan penjelasan tentang alasan di balik penjualan saham Tokopedia sebesar 75% kepada ByteDance, induk perusahaan TikTok.

Menurut Patrick, keputusan untuk menjual saham tersebut merupakan pilihan yang harus diambil untuk bertahan. Dia menyatakan bahwa banyak orang yang tidak memahami kondisinya saat itu, di mana itu merupakan pilihan antara bertahan hidup atau mati. Dia yakin bahwa keputusan tersebut merupakan langkah yang tepat meskipun mendapat banyak kritik terkait porsi saham yang dijual dan nilai kesepakatan yang dinilai terlalu rendah.

Keadaan tersebut menuntun Patrick untuk mendorong kemitraan antara Tokopedia dengan TikTok, serta memperkuat posisi Tokopedia sebagai platform e-commerce nomor satu.

Pada pertengahan Desember 2023, ByteDance resmi mengakuisisi 75% saham Tokopedia agar aplikasi TikTok Shop dapat kembali beroperasi. ByteDance diisukan telah mendekati beberapa e-commerce lokal lainnya untuk dapat mematuhi regulasi dan kembali beroperasi di Indonesia.

TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar untuk mendukung operasional Tokopedia dengan tujuan memperluas manfaat untuk pengguna dan pelaku UMKM di Indonesia.