Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Amerika Melarang Penggunaan Chip, Tindakan Militer China Dipertimbangkan

Lembaga militer berbasis di Beijing menerbitkan paten untuk chip performa tinggi pada bulan September lalu. Lembaga tersebut memberikan gambaran tentang upaya China untuk membangkitkan pasar chip global dan menahan aksi blokir yang dilakukan Amerika Serikat.

Menurut pengajuan paten, Akademi Ilmu Pengetahuan Militer Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) menggunakan sumber terbuka (open source) yang dikenal sebagai RISC-V untuk mengurangi kegagalan fungsi pada chip cloud dan mobil listrik (EV).

RISC-V adalah tool bahasa komputer yang digunakan untuk merancang chip ponsel pintar hingga prosesor canggih untuk kecerdasan buatan (AI).

Standar yang umum dikendalikan oleh perusahaan AS adalah x86, yang didominasi Intel dan Advanced Micro Devices (AMD). Selain itu juga Arm yang dikembangkan oleh Arm Holdings Inggris yang dimiliki oleh SoftBank Group.

Kontrol ekspor AS dan Inggris telah mencegah penjualan desain x86 chip berkinerja tertinggi kepada klien di China. Namun, ketika AS memperluas pembatasan akses penjualan ke China, open source RISC-V menjadi bagian dari rencana Beijing untuk menyetop ketergantungannya pada teknologi Barat, meskipun arsitektur yang muncul hanya mampu menyumbang sedikit dari pasar chip kelas atas.
“Keuntungan terbesar dari arsitektur RISC-V adalah netral secara geopolitik,” kata Komisi Sains dan Teknologi pemerintah Shanghai dalam sebuah laporan.

Beijing dan beberapa lembaga penelitian China menginvestasikan setidaknya US$50 juta dalam proyek yang melibatkan RISC-V antara tahun 2018 dan 2023. Meskipun angkanya kecil, terobosan dan penerapan RISC-V baru-baru ini di China yang sebagian besar didanai oleh pemerintah, telah meningkatkan harapan Beijing bahwa standar sumber terbuka suatu hari nanti dapat mengancam duopoli x86-Arm.

Chip RISC-V yang dibuat oleh perusahaan dan lembaga penelitian China itu kini dapat menggerakkan mobil tanpa pengemudi, model kecerdasan buatan, dan pusat penyimpanan data.

Exit mobile version