Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Daftar 83 Lembaga Survei Resmi KPU untuk Quick Count Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar proses pemungutan suara pada Rabu, 14 Februari 2024 besok. Sebanyak 204,8 juta masyarakat Indonesia telah tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk memberikan hak suara.

Pemilu 2024 ini akan menentukan pemimpin daerah hingga presiden untuk masa periode 5 tahun ke depan.

Masyarakat bisa memantau penghitungan cepat pemilu atau ‘quick count’ melalui beberapa link di bawah ini. Sebagai informasi, quick count berbeda dengan real count.

Quick count menggunakan metodologi sampling di TPS tertentu. Verifikasinya berdasarkan presentase hasil pemilu di TPS sampel tersebut.

Quick count memberikan gambaran dan akurasi yang lebih tinggi karena didasarkan pada hasil pemilu langsung dari TPS target. Jadi, bukan dari persepsi atau pengakuan responden semata.

Dikutip dari detikcom, tujuan dan manfaat quick count adalah memberikan data pembanding yang dapat digunakan untuk mendeteksi kemungkinan kecurangan pada proses tabulasi suara.

Hasil quick count bisa didapat dengan lebih cepat ketimbang real count yang memakan waktu berhari-hari. Sebab, real count diperoleh dari perolehan suara di seluruh TPS.

Sementara itu, ada 81 lembaga survei bersertifikat resmi dari KPU, beserta 2 lembaga yang masih memerlukan perbaikan, berdasarkan keterangan resmi KPU di bawah ini.

Lembaga survei yang masih melakukan perbaikan:
1. DEITPRO (PT Delt Kabar Indonesia)
2. LEMBAGA KAJIAN PUBLIK INDEPENDEN

[Gambas:Video CNBC]