Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

China-Rusia Terlibat dalam Kegiatan Siber dengan Teknologi Amerika Terbukti

Peretas Terkenal Pilih Teknologi ChatGPT dari AS untuk Melancarkan Aksi

Jakarta, CNBC Indonesia – Peretas dari China, Rusia, Korea Utara, hingga Iran, ternyata memilih menggunakan teknologi asal Amerika Serikat (AS). Untuk melancarkan aksinya, negara-negara tersebut dilaporkan menggunakan tools dari OpenAI.

OpenAI merupakan perusahaan pembuat chatbot populer ChatGPT. Temuan itu ditemukan Microsoft, yang merupakan mitra dan pemegang saham signifikan di OpenAI.

Perusahaan mengatakan telah melacak kelompok peretas dari China, Rusia, Korea Utara, dan Iran, menggunakan pemodelan (LLM) milik OpenAI. Program tersebut menggunakan teks untuk menghasilkan respons seperti manusia.

Setelah mengumumkan temuan itu, Microsoft menegaskan tidak ingin tool-nya digunakan untuk kejahatan.

“Terlepas dari apakah ini melanggar hukum atau ketentuan layanan yang kami identifikasi, kami tidak ingin mereka memiliki akses pada teknologi,” kata Wakil Presiden untuk Keamanan Pelangan, Tom Burt, dikutip dari Reuters, Kamis (15/2/2024).

Burt mengatakan penggunaan AI oleh peretas masih ‘tahap awal’ dan ‘inkremental’. Belum ada yang bisa membuat terobosan lebih lanjut dari aktivitas tersebut.

“Kami melihat mereka menggunakan teknologi ini seperti pengguna lainnya,” ungkapnya.

Hanya China yang buka suara soal tudingan tersebut. “Kami menentang fitnah dan tuduhan yang tidak berdasar pada China. Kami juga menganjurkan penerapan teknologi AI yang aman, andal, dan terkendali untuk meningkatkan kesejahteraan umum seluruh manusia,” kata Juru bicara Kedutaan Besar China di AS, Liu Pengyu.

Sementara pihak pemerintah Rusia, Korea Utara, dan Iran belum memberikan komentar.

Reuters mengatakan ancaman tersebut telah diungkap pejabat senior keamanan siber di negara Barat sejak tahun lalu. Mereka mengatakan sejumlah pihak jahat menyalahgunakan tool buatan OpenAI.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya
Ngeri! ChatGPT Makin Pintar, Sudah Bisa Lakukan Ini…

(npb/npb)