Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Astronom Mengidentifikasi Tiga Bulan Baru di Planet Neptunus dan Uranus

Para astronom telah menemukan tiga bulan baru yang sebelumnya tidak diketahui di tata surya kita. Dua di antaranya mengelilingi Neptunus dan satu bulan lagi di sekitar Uranus. Bulan-bulan kecil baru ini terlihat menggunakan teleskop berbasis darat yang kuat di Hawaii dan Chili. Penemuan ini diumumkan pada hari Jumat oleh Pusat Planet Kecil Persatuan Astronomi Internasional.

Salah satu bulan baru Neptunus memiliki perjalanan orbit terpanjang yang pernah diketahui. Diperlukan waktu sekitar 27 tahun bagi bulan terluar yang kecil untuk menyelesaikan satu putaran mengelilingi Neptunus. Ilmuwan pertama kali mendeteksi bulan baru Uranus pada bulan November tahun lalu saat menggunakan teleskop Magellan di Chile.

Dua penghuni baru di sistem bulan Neptunus pertama kali terlihat pada September 2021. Setelah orbit yang lebih terang dari kedua satelit alam tersebut, S/2002 N5, dikonfirmasi, “hal itu ditelusuri kembali ke sebuah objek yang terlihat di dekat Neptunus pada tahun 2003 tapi hilang sebelum dapat dipastikan mengorbit planet ini,” kata Scott Sheppard, astronom di Carnegie Institution for Science di Washington.

Menentukan orbit bulan Neptunus yang lebih redup “memerlukan waktu pengamatan khusus dalam kondisi ultra murni” dengan Teleskop Sangat Besar Eropa di Chili dan Observatorium Gemini di Hawaii. Ketiga bulan yang baru ditemukan tersebut memiliki orbit berbentuk telur yang sangat condong ke bidang raksasa es masing-masing. Mereka tidak lahir di sekitar planet tempat mereka tinggal, melainkan ditangkap secara gravitasi di kemudian hari.

Exit mobile version