Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Warga Indonesia Sudah Kecanduan Parah, Pemenang Satu Dunia!

Jakarta, CNBC Indonesia – Dunia digital saat ini telah menjadi kebutuhan utama bagi berbagai kalangan. Indonesia bahkan mencatat sebagai negara dengan peringkat pertama dalam hal waktu yang dihabiskan menatap layar HP.

Berdasarkan data terbaru yang dirilis oleh Data.AI, warga Indonesia menjadi pengguna yang paling lama menghabiskan waktu dengan perangkat mobile seperti HP dan tablet pada tahun 2023, yaitu 6,05 jam setiap hari.

Ternyata, warga Indonesia adalah satu-satunya masyarakat yang menghabiskan waktu di HP lebih dari 6 jam setiap hari. Di posisi kedua, warga Thailand hanya menghabiskan 5,64 jam per hari. Sedangkan Argentina berada di posisi ketiga dengan 5,33 jam per hari.

Kecanduan HP orang Indonesia sebenarnya tidak separah pada tahun 2022. Pada tahun 2022, warga Indonesia menghabiskan waktu hingga 6,14 jam per hari menatap layar HP dan tablet.

Indonesia juga menempati salah satu posisi teratas dalam hal download aplikasi. Data.AI menempatkan warga Indonesia di posisi ke-5 dalam hal download aplikasi. Sepanjang tahun 2023, warga Indonesia melakukan download aplikasi sekitar 7,56 miliar kali.

Dalam hal download, warga China tidak ada lawan. Hanya dalam setahun, warga China melakukan download aplikasi sebanyak 113,41 miliar kali.

Meskipun nomor satu dalam penggunaan HP, ternyata warga Indonesia bukan nomor satu dalam hal penggunaan aplikasi mobile. Warga Indonesia “hanya” menghabiskan 415 miliar jam sepanjang 2023 di aplikasi mobile sehingga berada di posisi ketiga.

Warga yang paling banyak menghabiskan waktu di aplikasi mobile adalah India. Warga India menghabiskan waktu 1,19 triliun jam menggunakan aplikasi mobile.

Lantas, bagaimana cara mengatasi kecanduan HP? Simak informasi berikut ini:

1. Hindari penggunaan gadget saat sedang berjalan atau berkendara.
2. Atur dan batasi waktu penggunaan gadget, misalnya maksimal tiga jam sehari.
3. Jangan menggunakan gadget saat bersama orang lain.
4. Tentukan area bebas gadget.
5. Ganti waktu penggunaan gadget dengan aktivitas yang lebih sehat.

Tips-tips di atas juga dapat diterapkan kepada anak-anak dan sebaiknya dampingi anak saat menggunakan HP agar kebiasaan ini tidak mengganggu aktivitas belajar dan prestasi akademiknya.

Exit mobile version