Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Tidak Ada Penipuan pada Tombol View di WhatsApp, Periksa Informasi dari Ahli

Pengamat Keamanan Siber dari Vaksincom Alfons Tanujaya menyatakan bahwa tombol View di WhatsApp tidak berbahaya. Pengguna WhatsApp dapat menggunakan tombol view untuk mengecek dokumen sebelum melakukan unduhan.

Alfons menjelaskan bahwa fitur View berasal dari WhatsApp yang bertujuan untuk menghemat kuota pengguna. Dengan demikian, media, foto, dan dokumen tidak akan langsung terunduh ke dalam perangkat.

“Tombol view tersebut adalah fitur penghematan kuota. WhatsApp tidak secara otomatis mengunduh media, foto, dan dokumen. Tidak perlu khawatir, tombol view tidak sama dengan APK atau malware,” kata Alfons.

Sebelumnya, akun Twitter Divisi Humas Polri memberikan tips untuk mengatasi kiriman tombol View yang dianggap berpotensi penipuan. Beberapa di antaranya termasuk larangan membuka pesan atau mengklik tombol View serta memblokir nomor pengirim.

Alfons menegaskan bahwa tombol tersebut muncul karena pengaturan dari pengguna WhatsApp. Siapapun bisa mengirimkan media dengan tombol tersebut, termasuk teman atau keluarga pengguna.

Selain itu, Divisi Humas menyarankan untuk me-restart ponsel jika menerima tombol view sebagai langkah pencegahan. Namun, Alfons membantah hal ini dan menyarankan agar mengaktifkan airplane mode untuk mencegah penyebaran malware.

“Jika terkena malware, yang benar adalah segera aktifkan airplane mode untuk mencegah pencurian SMS sambil memeriksa aplikasi yang terinstal dan yang dapat mengakses SMS,” jelas Alfons.