Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

15 Pekerjaan Pejabat Pemerintah yang Terancam Punah

Jakarta, CNBC Indonesia – Terdapat berbagai pekerjaan di dunia yang terancam ‘punah’ karena tergantikan oleh perkembangan teknologi yang semakin canggih. Hal ini seperti yang dilaporkan oleh Forum Ekonomi Dunia (WEF).

Pada periode 2023-2027, forum tersebut memperkirakan 83 juta lapangan pekerjaan akan punah akibat perkembangan teknologi yang semakin masif.

Salah satunya adalah teknologi kecerdasan buatan (AI) dan mesin yang akan membuat banyak pekerjaan hilang. AI menjadi semakin populer setelah diluncurkannya chatbot populer ChatGPT beberapa waktu lalu.

Riset dalam laporan Future of Work 2023 mengungkapkan bahwa 23% tenaga kerja di beberapa industri akan mengalami perubahan dalam lima tahun. Bukan hanya pekerjaan yang akan hilang, tetapi juga akan ada profesi baru yang muncul dalam periode tersebut.

Industri yang mengalami perubahan paling drastis adalah media, hiburan, dan olahraga. Sekitar 23% pekerjaan dalam industri tersebut akan lenyap atau muncul profesi baru.

Selain itu, lebih dari 23% pekerjaan di bidang pemerintahan, komunikasi digital dan teknologi informasi, real estat, layanan keuangan, serta transportasi dan rantai pasok juga mengalami perubahan.

Lalu, pekerjaan apa saja yang terancam bisa digantikan oleh teknologi hingga tahun 2027?

Teller bank
Petugas pos
Kasir dan loket
Data entry
Sekretaris dan administrasi
Staf pencatat stok (stock-keeping)
Staf akuntansi, pembukuan, dan payroll
Legislator dan pejabat pemerintahan
Staf statistik, asuransi, dan keuangan
Sales door-to-door, pedagang kaki lima, dan penjual koran
Satpam
Manajer kredit dan pinjaman
Penyelidik dan pemeriksa klaim
Penguji software
Relationship manager.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya
Microsoft Mendadak Larang ChatGPT, Ada Apa?

(dce)

Exit mobile version