Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Bukan Tembok China, Empat Bangunan Ini Terlihat dari Luar Angkasa

Jakarta, CNBC Indonesia – Beberapa bangunan yang dibuat oleh manusia bisa terlihat langsung dari luar angkasa. Namun, tidak ada Tembok Besar China di antara daftar tersebut.

Para astronom yang berada di luar angkasa dapat melihat beberapa bangunan di Bumi tanpa bantuan peralatan apapun.

Luas angkasa itu sendiri merujuk pada garis Karman. Ini menunjukkan batas antara atmosfer Bumi dan luar angkasa, yang berada 100 kilometer di atas permukaan Bumi.

“Garis Karman adalah wilayah perkiraan yang menunjukkan ketinggian di mana satelit dapat mengorbit Bumi tanpa terbakar atau jatuh dari orbit sebelum mengelilingi Bumi setidaknya sekali,” jelas Katrina Bossert, fisikawan luar angkasa dari Universitas Negara Bagian Arizona, seperti dilansir dari Live Science, pada Minggu (10/3/2024).

Meskipun begitu, Tembok Besar China, salah satu bangunan terbesar di dunia, tidak termasuk dalam daftar bangunan yang terlihat dari luar angkasa. Hal ini diakui oleh Mantan Komandan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Chris Hadfield.

Menurutnya, Tembok Besar China terlalu sempit untuk terlihat dari luar angkasa. Bangunan itu juga mengikuti kontur dan warna alami dari geografi sekitarnya.

Berikut adalah daftar bangunan yang bisa dengan mudah terlihat dari luar angkasa, yang dirangkum oleh CNBC Indonesia:

1. Palm Jumeirah Dubai
Pulau buatan Palm Jumeirah di Dubai bisa terlihat dari garis Karman. Bahkan stasiun ISS yang berada pada ketinggian 400 km di atas permukaan laut juga bisa melihatnya. Namun, para astronaut di ISS memerlukan bantuan peralatan. Mereka melihatnya dengan menggunakan lensa 800 mm.

2. Piramida Giza
Ada dua pendapat tentang penampakan Piramida Giza dari luar angkasa. Astronot asal Inggris, Tim Peake, menyatakan bahwa bangunan tersebut tidak terlihat, namun struktur massifnya bisa terlihat dengan lensa 800 mm. Sebaliknya, mantan astronot NASA dan komandan ISS, Leroy Chiao, mengatakan bahwa piramida dapat terlihat dari orbit. Bahkan, bisa terlihat dengan jelas dengan mata telanjang.

3. Three Gorges Dam
Three Gorges Dam adalah bendungan raksasa di Sungai Yangtze, China. Tingginya mencapai 185 meter dan panjang lebih dari 2 km. Bangunan ini adalah fasilitas penghasil listrik terbesar di dunia, dan juga menjadi bendungan pembangkit listrik tenaga air termahal yang pernah dibangun.

4. Bingham Canyon Mine
Tambang ini juga bisa terlihat jelas dari luar angkasa. Terletak 32 km tenggara dari Salt Lake City. Bingham Canyon mudah terlihat dari garis Karman tanpa bantuan peralatan. Selain itu, juga bisa terlihat dari pesawat ulang-alik yang terbang pada ketinggian 305-531 km di atas permukaan laut.

[Gambas:Video CNBC]

(luc/luc)