Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Penelitian Menemukan Bahwa 99 Persen Emas Bumi Terpendam di Lokasi Tertentu

Jakarta, CNBC Indonesia – Ternyata 99% emas Bumi tersimpan di satu lokasi. Namun, emas tersebut tidak dapat dinikmati manusia karena berada jauh di inti Bumi.

“Yang dapat kami simpulkan adalah 99 persen dari kandungan emas Bumi terdapat di intinya,” kata peneliti Bernard Wood dari Macquarie University.

Wood dan timnya melalui penelitian berhasil menemukan lokasi emas tersebut. Penelitian itu berasal dari inspirasi mengenai asteroid yang memiliki komposisi serupa dengan Bumi.

Mereka melakukan pengukuran komposisi chondrite berkarbon pada meteorit dari asteroid itu. Dari situ, komposisi asteroid menjadi acuan untuk mengukur komposisi material Bumi.

Hasil temuannya mengungkapkan elemen tidak larut dalam besi cair tidak akan ada di inti Bumi. Jadi ada elemen yang melimpah di bagian kerak dibandingkan inti.

Asumsi tim peneliti adalah inti Bumi memiliki komposisi serupa dengan meteorit. Selanjutnya, mereka menghitung elemen apa yang larut dalam besi.

Badan Antariksa Amerika Serikat (AS) atau NASA memiliki logika yang sama seperti Wood. Lembaga itu memiliki misi meneliti asteroid bernama Psyche, yang disebut lebih murah dibandingkan harus menuju ke inti Bumi.

Jika NASA berhasil membawa pulang emas dari Psyche, hal ini akan membuat masalah baru di Bumi karena harga emas mengalami penurunan tajam.

IFL Science juga pernah melaporkan tentang banyaknya emas di inti Bumi. Kabarnya, emas itu dapat melapisi seluruh bagian planet dengan ketebalan 50cm.

Artikel Selanjutnya: Lokasi 99% Emas Bumi Terkubur Ditemukan Peneliti

(fab/fab)