Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Pendaftaran Gratis Mudik Bersama Kemenhub, Termasuk Pengangkutan Sepeda Motor!

Program Angkutan Mudik Gratis Lebaran 2024 telah dibuka oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mengantisipasi lonjakan masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor. Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menyatakan bahwa masyarakat diimbau untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor karena potensi bahaya kecelakaannya tinggi. Ia berharap masyarakat dapat menggunakan transportasi umum atau memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan.

Program Mudik Gratis ini tersedia melalui jalur darat, laut, dan kereta api, yang diadakan di beberapa titik simpul transportasi. Untuk jalur darat, Kemenhub menggelar program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dan Truk” dengan pendaftaran mulai 5 Maret hingga 3 April 2024. Pada arus mudik dan balik, tersedia 722 unit bus untuk 30.088 penumpang dan 30 unit truk untuk 900 unit sepeda motor.

Sementara untuk jalur laut, Ditjen Perhubungan Laut menyelenggarakan program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut” dengan kuota untuk 9.800 penumpang dan 4.800 sepeda motor, dijadwalkan pada 3-17 April 2024. Di jalur kereta api, Ditjen Perkeretaapian menyelenggarakan program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kereta Api” dengan kuota untuk 28.196 penumpang dan 12.180 sepeda motor, keberangkatan arus mudik pada 2-8 April 2024 dan arus balik pada 13-19 April 2024.

Program mudik gratis juga diharapkan diadakan oleh lebih banyak BUMN, perusahaan swasta, dan instansi lainnya agar semakin banyak masyarakat yang dapat merasakan manfaatnya. Adita berharap dengan adanya program mudik gratis yang lebih banyak, dapat menekan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor sehingga angka kecelakaan dapat berkurang.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara ikut program Mudik Gratis Angkut Sepeda Motor 2024, dapat dilihat di laman mudikgratis.dephub.go.id.