Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

India Siap Mengambil Alih Posisi China-Amerika dalam Pertarungan Penguasa Chip Dunia

Jakarta, CNBC Indonesia – India memiliki impian besar untuk menjadi pemimpin produksi chip di dunia. Dalam lima tahun ke depan, mereka ingin menjadi salah satu dari lima produsen semikonduktor terbesar di dunia. Hal ini diungkapkan oleh Ashwini Vaishnaw, Menteri Elektronik dan Teknologi Informasi, Perkeretaapian, dan Komunikasi India.

Menurutnya, industri chip merupakan pasar yang sangat kompleks, begitu juga dengan nilai global dan rantai pasokannya.

“Kami berpikir dalam lima tahun ke depan, kami akan menjadi salah satu dari lima negara produsen semikonduktor terbesar di dunia,” kata Vaishnaw dalam wawancara dengan CNBC International, Senin (18/3/2024).

Berdasarkan data dari firma intelijen pasar TrendForce, Taiwan saat ini memiliki sekitar 46% kapasitas produksi semikonduktor global, diikuti oleh China (26%), Korea Selatan (12%), Amerika Serikat (6%), dan Jepang (2%).

India diyakini akan mendapatkan manfaat karena banyak perusahaan yang berupaya mengurangi ketergantungan pada China. Masalah geopolitik antara China dan Amerika Serikat juga tidak menunjukkan tanda-tanda penyelesaian dalam waktu dekat.

Vaishnaw menyatakan bahwa India dianggap sebagai mitra dalam rantai nilai bagi produsen perangkat elektronik, industri elektronik, dan pertahanan.

Beberapa orang menyebutnya sebagai “friendshoring,” namun Vaishnaw lebih memilih menyebutnya sebagai “trust shoring” karena kepercayaan global terhadap India.

Baru-baru ini, perusahaan raksasa chip asal Amerika Serikat, Qualcomm, membuka pusat desain baru di Chennai, India. Pusat desain tersebut akan fokus pada teknologi nirkabel dan menciptakan 1.600 lapangan kerja di India.

Perdana Menteri India, Narendra Modi, juga meresmikan tiga pabrik semikonduktor di India. Salah satunya adalah perusahaan patungan antara Tata Electronics dan Powerchip Semiconductor Manufacturing Corp Taiwan. Tujuan dari pabrik tersebut adalah menciptakan chip semikonduktor pertama di India pada tahun 2026.

Menteri Persatuan India, Rajeev Chandrasekhar, menyatakan bahwa produksi chip buatan India di India akan membantu memperkuat posisi India dalam rantai nilai global dan menjadikan India sebagai pusat semikonduktor dunia.

Exit mobile version