Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Peneliti Menghitung Kemungkinan Bumi Ditarik ke dalam Lubang Hitam

Lubang hitam adalah wilayah luar angkasa dengan gravitasi ekstrem sehingga tidak ada apa pun di sekitarnya. Namun, para ahli mengatakan bahwa tidak ada kemungkinan Bumi akan tertarik ke dalam lubang hitam dalam lima miliar tahun mendatang.

Menurut Doug Gobielle, seorang profesor di departemen fisika University of Rhode Island, pertemuan antara lubang hitam dengan tata surya sangat jarang terjadi dan hampir tidak mungkin. Hal ini dikarenakan jarak yang sangat jauh antara objek-objek di luar angkasa.

Kendati banyak bintang di galaksi kita, pertemuan acak di antara mereka sangat jarang terjadi karena jarak yang sangat luas. Lubang hitam terdekat dengan tata surya kita, seperti V616 Monocerotis, terlalu jauh untuk memberikan dampak apapun pada tata surya kita.

Penjelasan lebih lanjut tentang lubang hitam, ada dua kelas ukuran yaitu bintang dan supermasif. Lubang hitam bermassa bintang terbentuk dari sisa-sisa bintang masif yang mati dalam supernova, sementara lubang hitam supermasif memiliki massa miliaran kali lipat dari matahari.

Meskipun Betelgeuse, bintang paling terang kedua di konstelasi Orion, dapat menghasilkan supernova sekitar 10.000 tahun mendatang, dampaknya pada Bumi akan nihil karena jaraknya yang sangat jauh.

Exit mobile version