Jelajahi Kisah Terbaru Prabowo Subianto yang humanis Setiap Waktu
Berita  

Apple Semakin Merasa Tertekan dengan Kemunculan iPhone sebagai Rival HP Android

Jakarta, CNBC Indonesia – Apple kemungkinan akan melakukan perubahan pada perangkatnya di Amerika Serikat (AS). Perubahan itu akan membuat iPhone makin mirip dengan Android.

Hal tersebut kemungkinan terjadi setelah gugatan Departemen Kehakiman AS (DoJ) pada pengadilan setempat terhadap pembuat iPhone baru-baru ini.

Gugatan tersebut bertujuan mendukung perusahaan kecil yang mengembangkan aplikasi. Apple dinilai merugikan pengembang dan developer aplikasi kecil dengan menarik biaya komisi besar-besaran.

“Kami meminta pemulihan kondisi persaingan di pasar yang terdampak tindakan Apple yang melanggar hukum,” minta Departemen Kehakiman atas gugatan senilai US$2,7 triliun, dikutip dari Reuters, Senin (25/3/2024).

Di Eropa, Apple dipaksa melakukan sejumlah perubahan pada perangkatnya. Mulai dari perangkat charger hingga aplikasi di dalamnya.

Berikut 4 perubahan yang dilakukan Apple

1. Kabel Charger iPhone

Uni Eropa mengesahkan aturan soal standar pengisian daya perangkat pada 2022. Wilayah tersebut mengharuskan semua perangkat memiliki kabel USB-C standar.

Ini membuat Apple harus mengganti lightning port chargernya dari yang sebelumnya menjadi USB-C, mirip seperti sebagian besar HP Android sekarang.

2. Toko Aplikasi

Apple juga tidak bisa hanya menawarkan App Store pada para penggunanya. Aturan baru di Eropa mengharuskan adanya alternatif bagi toko aplikasi, termasuk situs web untuk mengunduh aplikasi alias sideloading yang selama ini dikenal pada HP Android.

Dengan aturan tersebut, pengembang bisa menghindari biaya komisi 30% dari Apple. Selain aplikasi lebih murah, pengguna perangkat Apple juga bisa mengakses lebih banyak aplikasi lagi.

3. Sistem Pembayaran

Tidak ada lagi sistem pembayaran tunggal dari aplikasi Apple di AS maupun Uni Eropa. Pengembang aplikasi bisa mengarahkan pengguna langsung ke situsnya untuk melakukan pembelian.

Di Eropa, metode ini dilakukan setelah adanya UU pasar Digital. Sementara di AS, Apple terpaksa melakukannya usai tuntutan hukum dari Epic Games.

4. Browser

Apple juga tak bisa lagi menawarkan Safari sebagai browser default. Pembaruan iOS 17.4 menawarkan pilihan beralih saat pengguna membuka Safari.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya
Pemilik iPhone Lebih Setia dari Orang yang Punya HP Android

(fab/fab)